Lihat ke Halaman Asli

Helmi Abu Bakar elLangkawi

Pengiat Sosial Kegamaan dan Esais di berbagai Media serta Pendidik di Lembaga Pendidikan Islam

Akreditasi Kampus dan Prodi PAI IAIA Samalanga di Tengah Pandemi

Diperbarui: 6 November 2020   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

iaialaziziyah.ac.id

Meskipun pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri ini termasuk Aceh, IAI Al-Aziziyah Samalanga terus berusaha meningkatkan perubahan dan salah satunya akreditasi Program Studi PAI.

Seluruh elemen IAIA Samalanga di nakhoda Abana Sampoenit begitu sapaan akrabnya terus berjihad di tengah Pandemi Covid-19 untuk meningkatkan akreditasi Prodi dan Kampus yang didirikan oleh Al-Mukarram Al-Mursyid Syekh H. Hasanoel Basri HG atau Abu MUDI.

Kampus yang didirikan oleh Abu MUDI tersebut sejak dulu hingga kini terus berbenah dan melakukan berbagai perubahan dan persiapannya menuju sebuah universitas. Hal ini didukung oleh berbagai sarana dan prasarana plus SDM di bawah panji Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga sangat memungkinkan untuk menuju ke arah tersebut.

Di samping itu kedepannya IAIA Samalanga juga akan membuka beberapa prodi umum dan tentunya dukungan dan suport dari semua kalangan dan pihak sangat dibutuhkan untuk merealisasikan impian dan cita-cita Al-Mursyid Abu MUDI demi kampus yang di nakhodai Ayah Kuta Glee Batee Iliek yang bernama lengkap Dr. Tgk Muntasir A Kadir,MA sekaligus pimpinan Dayah Jami'ah Al-Aziziyah (DJA) Kuta Glee Batee Iliek.


IAI Al-Aziziyah Samalanga yang memiliki beberapa prodi dan kini semuanya telah terakreditasi dengan nilai . Tgk. Saiful Bahri, MA selaku koordinator akreditasi Prodi dan Kampus IAIA Samalanga mengatakan berdasarkan surat yang direleas Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kemenristek Dikti, Akreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Al-Aziziyah Samalanga terbaru meraih B dengan nilai 319.

."Berdasarkan hasil keputusan BAN PT Prodi PAI IAIA Samalanga memperoleh akreditasi B berdasarkan SK BAN PT No. 6962/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020 dan berlaku mulai 1 November 2020 hingga 1 Oktober 2025 mendatang," ungkapnya yang akrab disapa Abana  juga Dekan FDK IAIA Samalanga kepada media ini, Jum'at, (6/11/2020).

Secara terpisah Rektor IAI Al-Aziziyah, Dr. Tgk. Muntasir A. Kadir, MA melaui Humas IAIA Samalanga menyebutkan semua prodi yang sudah terakrediatsi di Institut yang dipimpinnya dan berharap semua prodi bisa lebih baik nilai akreditasinya.

"Kami berharap rekan pengurus, dosen dan semua civitas untuk menyukseskan akreditasi Prodi Ekos dan HKI semoga prodi lain dapat mengikuti prestasi prodi yang lebih dulu terakreditasi B, bahkan berharap mendapatkan akreditasi yang lebih baik" papar Ayah Kuta Glee Batee Iliek Samalanga.

Sebagaimana diketahui, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah berubah status dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Aziziyah Samalanga, Bireuen, secara resmi setelah disahkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI melalui SK Nomor 3776 Tahun 2014. Sementara itu akreditasi kampus hampir mendekati B namun tahun ini masih akreditasi C.

Sumber:iaialaziziyah.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline