Lihat ke Halaman Asli

Kembalikan Pendidikan Indonesia!

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pendidikan Indonesia saat ini sangat tertinggal dari Negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Negara tetangga lainnya, sejatinya Indonesia bisa meningkatkan mutu pendidikan namun saat ini banyak sekali hambatan yang dilalui oleh bangsa terutama hambatan dalam diri pemerintah dan kita sebagai rakyat, dalam diri pemerintah sangat banyak sekali hambatannya terutama kasus korupsi yang tak pernah habis dalam Mendiknas sehingga menghambat kemajuan pendidikan di negeri ini. Dalam hal ini perlu adanya kesadaran dari diri pemerintah untuk memejukan pendidikan di Indonesia, karena kalau sampai seperti sekarang ini pendidikan kita akan sangat tertinggal dari Negara-negara tetangga bahkan di dunia. Kita juga sebagai rakyat harus mempunyai kesadaran yang tinggi untuk memajukan pendidikan di Negara kita ini, mendukung program pemerintah dan menjalankannya dengan baik, pemeerintah dengan masyarakat harus saling mengerti dan mendukung untuk program pendidikan ini.

Pada era Orde baru pendidikan Indonesia berada didepan Negara-negara tetangga, artinya lebih maju dari pada Malaysia, singapura, Thailand, dll. Banyak dari siswa-siswi Negara tetangga yang menuntut ilmu di Negara kita termasuk siswa dari Negara Australia yang juga berpartisipasi dalam proses pendidikan di Indonesia ini, sedangkan pada saat ini siswa-siswi dari luar negeri sangat berkurang yang melakukan studi di Indonesia bahkan saat ini sebaliknya siswa-siswi Indonesia yang belajar ke luar negeri termasuk ke Malaysia dan Australia. Hal ini menjadi tolok ukur untuk kemajuan pendidikan di Indonesia ini, selain masalah korupsi terdapat hambatan yang lain terutama dalam kasus teroris yang membuat orang-orang luar negeri yang enggan ke Indonesia karena kurang aman dan nyawa mereka terancam.

Masalah pendidikan ini sangat serius dan harus diselesaikan oleh pemerintah dan kita sebagai rakyat perlu mendukung dan berpartisipasi dengan baik, karena jika tidak terselesaikan maka Negara kita ini akan semakin tertinggal oleh Negara-negara berkembang lainnya. Sangat riskan melihat Negara sebesar Indonesia yang tanahnya subur dan makmur ini tertinggal oleh Negara tetangga seperti Malaysia, singapura, Thailand, brunei dll. Kembalikanlan pendidikan Indonesia ini yang sempat Berjaya dan maju dari Negara-negara tetangga, Negara ini merindukan pendidikan yang berkualitas tinggi dan maju.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline