Lihat ke Halaman Asli

Manfaat SSL untuk Toko Online dan Website

Diperbarui: 20 November 2015   08:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Di era moedern seperti ini, mungkin sudah tidak asing lagi jika kita menggunakan internet sebagai sarana kehidupan sehari-hari kita. Dengan adanya internet ini banyak pula manfaat positif yang dapat kita manfaatkan, contohnya adalah mendatangkan penghasilan dari berjualan online, mendapatkan informasi yang lebih cepat, dapat berkomunikasi kepada semua orang tanpa ada batasan jarak, dan masih banyak lainnya. Namun perlu diketahui dengan adanya internet di era modern seperti ini masih memiliki efek negatif seperti halnya, dapat mengakses situs porno, judi online, kriminalitas dunia maya atau disebut dengan cyber crime, dll.

Kali ini saya akan mengulik tentang SSL (Scure Socket Layers) Certificates, E-commerce (Toko Online) dan Cyber Crime sebagai topik utama pada artikel ini.

Riset Toko Online Di Indonesia

Perlu Anda ketahui untuk pertumbuhan toko online di Indonesia sendiri terbilang sangat fantastis jauh dari apa yang pernah dikira-kira. Kami mengambil data research dari Menkominfo pada tahun 2013 pertumbuhan toko online di Indonesia sudah menyentuh angka transaksi sebesar Rp130 triliun. Pada awal tahun perusahaan E-Commerce 2012 mencatat transaksi toko online berada pada 41% di dominasi dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Di perjalanan waktu dalam kurun enam bulan pertumbuhan pembeli di kota-kota besar tersebut turun menjadi 22%. Menurut lembaga riset ICD dengan membaca data di atas menyimpulkan bahwasannya kotak-kota kecil tidak mau ketinggalan dengan berbelanja online.

Lembaga riset ICD pun memperkirakan pertumbuhan toko online di Indonesia dengan rentan tahun 2012-2015 akan mencapai pertumbuhan sebesar 42%. Angka tersebut lebih tinggi apabila dibandingkan dengan negara-negara lainnya seperti Malaysia 14%, Thailand 22%, dan Filipina 28%. Tentu saja nilai pertumbuhan sebanyak itu dapat menggoda para investor asing maupun dalam negeri untuk beramai-ramai menanamkan modalnya pada E-Commerce Indonesia. Karena menurut mereka ini merupakan tambang emas untuk meraup untung sebanyak-banyaknya.

Prilaku Konsumen Indonesia

Dengan besaran presentase pertumbuhan toko online di Indonesia seperti yang sudah disebutkan di atas tidak terlepas dari prilaku konsumen sendiri untuk menumbuhkan bisnis online tersebut. Prilaku konsumen di Indonesia menurut saya masih kurang dalam hal kepercayaan jika membeli barang yang tidak mereka lihat secara langsung. Hal ini yang dapat menghambat pertumbuhan pasar online di Indonesia. Hal tersebut merupakan titik wajar yang dipunyai oleh setiap manusia yang memiliki rasa was-was. Maka dari itu saya menghimbau kepada semua pengusaha yang menjalankan bisnisnya secara online untuk menerapkan sistem aman pada media penjualannya.

Dengan menciptakan keamanan saat berbelanja kemungkinan besar akan timbul rasa kepercayaan terhadap konsumen untuk membeli produk-produk yang dijual secara online. Maka dari itu utamakan kenyamanan dan pelayanan terhadap pelanggan untuk mendpatkan income yang lebih besar lagi.

Saya memiliki beberapa saran untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli saat mengunjungi situs atau toko online yang Anda miliki.

  1. Berikan informasi secara jelas mengenai toko online Anda dan keberadaan Anda. Jika perlu menggunakan badan hukum sebagai naungan toko online Anda, boleh menjadikannya CV atau PT.
  2. Gunakan website sebagai sarana toko online jangan hanya menggunakan sosmed sebagai toko online Anda. Karena hal tersebut akan membatasi konsumen untuk menggali lebih dalam informasi mengenai toko online Anda.
  3. Gunakan domain berbayar. Jika perlu menggunakan domain yang disediakan oleh PANDI seperti .co.id dan .id yang mengharuskan Anda untuk menyerahkan beberapa dokumen mengenai bisnis Anda yang akan divalidasi oleh pihak PANDI untuk mendapatkan domain tersebut.
  4. Gunakan tampilan website yang bagus, rapi, eye catching, dan berikan informasi yang jelas terhadap produk yang Anda jual.
  5. Gunakan sistem belanja mode aman. Mulai dari pemilihan produk hingga proses check out.
  6. Terapkan beberapa metode pembayaran, minimal dua metode pembayaran. Bertujuan untuk memudahkan pembayaran konsumen.
  7. Gunakan SSL (Scure Socket Layers) Certificates sebagai jaringan website Anda.

Menurut saya dengan beberapa poin di atas sudah cukup jelas dan dapat Anda mengerti. Namun untuk SSL (Scure Socket Layers) Certificates menurut saya masih banyak yang belum mengerti untuk penerapan pada toko online. Baik saya akan jelaskan sedikit mengenai Sertifikat SSL.

Pengertian dan Manfaat SSL

Seperti halnya yang dilansir Rumah SSL, SSL Certificates adalah metode teknologi terbaru dan tercanggih untuk mengenkripsi data sensitif dan bersifat privacy, seperti halnya informasi pribadi, email pribadi, data kartu kredit, alamat, password, dan data-data yang dianggap dianggap krusial. SSL tersebut akan bekerja sebagai polisi di tengah-tengah jalur koneksi Anda kepada konsumen. Setiap data yang keluar masuk akan selalu diperiksa dan dienkripsi dengan logika dan algoritma yang sangat rumit tentunya.

Dengan menggunakan SSL Certificates ini dapat meminimalisirkan beberapa kemungkinan pencurian data pelanggan oleh Hacker dan penipuan terhadap konsumen. Dengan penginstallan SSL Certificates Anda harus diwajibkan melalui beberapa tahap verifikasi untuk mendapatkan sertifikat online tersebut. Dengan adanya prosedur tersebut akan menekan jumlah toko online palsu atau penipuan berkedok toko online.

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline