Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

WPPC Destinasi Wisata Pilihan di Pantura Brebes

Diperbarui: 30 April 2023   23:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi. 

Di Pantura Brebes dari Losari sampai Kaligangsa bisa kita jumpai beberapa destinasi wisata. Dari Mangrove Kalianyar sampai Pantai Randusanga Indah. Bahkan diantara destinasi-destinasi wisata tersebut ada yang unik dan menarik yaitu WPPC Sawojajar atau Wisata Pantai Pulau Cemara. Mengapa unik? Karena WPPC menawarkan konsep wisata pantai dengan hutan mangrove dan edukasi. 

Dok. Pribadi. 

Keunikan yang pertama, ketika ingin melihat pantai kita harus menggunakan perahu. Dengan membayar 20.000 Rupiah kita menaiki perahu selama 15 menit menyusuri sungai. Menyusuri sungai dengan rindangnya pohon-pohon mangrove membuat suasana tenang. Apalagi diselingi kicauan burung yang bertengger cantik diantara daun-daun mangrove. Menjelang memasuki Pulau Cemara kita disuguhkan persemaian pohon mangrove dan burung Belibis yang sedang mencari ikan. 

Dok. Pribadi

Memasuki Pulau Cemara terlihat hamparan pohon Cemara yang membuat suasana adem. Tetapi yang unik terlihat disini adalah spot swafoto atau permainan yang terbuat dari limbah atau sampah yang terdampar di pantai. Lewat tangan-tangan kreatif Seniman Pulau Cemara, sampah yang tak berguna diolah menjadi karya seni yang bernilai tinggi. 

Dok. Pribadi. 

Di pulau yang memiliki panjang 6.000 meter dan lebar 250 meter, para wisatawan bisa mandi di pantai dan melihat pemandangan. Disamping itu juga bisa menikmati kuliner, karaoke, camping atau edukasi. Disini terdapat pusat pembibitan mangrove Jawa Tengah yang dikelola Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Juga terdapat berbagai jenis kerang seperti Ingser, Kijing, Kerang Hijau dan Tiram. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline