Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Ribuan Pelaku UMKM Mendapatkan BLT Pengalihan Subsidi BBM

Diperbarui: 5 Desember 2022   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Ribuan pelaku UMKM di Kabupaten Brebes mendapatkan BLT pengalihan subsidi BBM dari Dinkopumdag. Mereka adalah yang terdampak usahanya akibat kenaikan BBM beberapa waktu yang lalu. Bantuan sebesar Rp. 450.000,00 disalurkan melalui PT. BPR BKK Banjarharjo. Bantuan ini diberikan sebagai upaya meringankan kebutuhan rumah tangga pelaku UMKM, agar tetap membuka usahanya. Bantuan ini diberikan secara langsung dan tidak terus menerus. 

Kenaikan BBM memukul sendi-sendi ekonomi termasuk usaha UMKM. Walaupun kenaikan penjualan meningkat selama pandemi berlangsung, namun kenaikan BBM mempengaruhi daya beli masyarakat. Hal ini dikarenakan naiknya biaya produksi yang berpengaruh juga pada daya beli. 

Sehingga pemberian BLT pengalihan subsidi BBM pada pelaku UMKM sangat tepat. Diharapkan dengan bantuan ini bisa digunakan untuk menambah modal agar perputaran modalnya bertambah walaupun tidak begitu besar. 

Dok. Pribadi

Bantuan sosial yang diterima tahun 2022 nampaknya tidak akan ada lagi di tahun 2023. Bantuan yang akan dijumpai lagi ditahun depan antara lain :

1. Bantuan Subsidi BBM. 

Bantuan ini sebenarnya komplementer KPM PKH dan KPM BPNT sebanyak 20,65 juta yang diberikan kepada masyarakat. 

2. Bantuan Subsidi Upah (BSU) 

Bantuan ini diberikan kepada 16 juta pekerja yang aktif menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji maksimal 3,5 Juta Rupiah. 

3. BLT DD

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline