Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Kolaborasi Pertunjukan Seni Budaya dan Sedekah Laut di Sigempol

Diperbarui: 22 Agustus 2022   22:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Setelah vakum sekian lama tahun ini sedekah laut Sigempol, Randusanga Kulon digelar lagi. Dengan mengusung senin tradisional dan kolaborasi dengan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, menambah nilai plus tersendiri. Pesta laut yang digelar selama dua hari diawali dengan pertunjukan Umbul khas Sigempol. Pertunjukan akrobatik yang menonjolkan kelenturan tubuh dan teknik tinggi menjadi daya tariknya. 

Dok. Pribadi

Seni yang berkembang di daerah pesisir pantai utara Brebes menjadi hiburan masyarakat. Dahulu seni ini banyak ditanggap untuk hiburan dikala hajatan. Banyak grup berdiri disaat seni ini menjadi favorit warga, kini seperti seni tradisional lainnya tinggal dihitung dengan jari. Setiap dilakukan atraksi Aplaus penonton bergemuruh. 

Dok. Pribadi

Keesokan harinya pelaksanaan larung saji yang berisi kepala kerbau dan kambing. Puluhan perahu berarakan dari Dermaga Sungai Tanyep menuju laut lepas. Perahu hias yang berisi kepala desa Randusanga Kulon, Instansi terkait, nelayan dan masyarakat. Semakin menambah keelokan pemandangan. Semua menyambut gembira sedekah laut sebagai kecintaan mereka pada sangat pencipta. 

Dok. Pribadi

Malam harinya dipertontonkan pertunjukan seni tradisional Sunda persembahan-ISBI dalam program ISBI Membangun Untuk Indonesia (IMUN). Mahasiswa mahasiswi tampil mempertunjukkan tarik jaipong dan Seni Sunda lainnya. Pertunjukan ini sukses luar biasa karena masyarakat membutuhkan hiburan. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jareng|) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline