Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Menyambut Lebaran Janur Kuning Laris Manis di Pasaran

Diperbarui: 28 April 2022   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Menjelang hari raya lebaran kebutuhan janur kuning sebagai bahan pembuat ketupat melonjak drastis. Sehingga berapa pasokan yang ada di pasar laris manis diserbu pembeli. Walaupun kurang beberapa hari namun masyarakat sudah membeli janur dengan alasan proses pembuatannya dan takut harga melonjak naik jika mendekati lebaran. Saat ini harga per bilah dibandrol 30.000 Rupiah. 

Untuk mendapatkan janur kuning masyarakat bisa mencarinya di penjual kelapa parut. Atau bisa juga di pasar tradisional dari pedagang gula merah yang berasal dari Kabupaten Banyumas. Para penjual kelapa parut selain menjual kelapa juga menyediakan gula merah, pisang, janur dan bumbu dapur seperti kunyit, jahe, lengkuas dan kencur. 

Dok. Pribadi

Untuk saat ini memang baru tersedia janur dalam bentuk utuh, tetapi menjelang lebaran atau H-1 tersedia dalam bentuk bungkus ketupat siap jadi. Hal ini hasil dari kreasi para pedagang untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan janur namun tidak bisa membatnya. 

Harga cukup terjangkau, cukup membayar 10.000 Rupiah per ikat yang berisi 10 biji. Sangat praktis bukan, kreativitas penjual sangat membantu masyarakat yang ingin merayakan lebaran dengan memasak ketupat. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline