Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Bela Beli Produk UMKM, Upaya Tingkatkan Produksi dan Daya Beli Masyarakat

Diperbarui: 15 Januari 2022   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Bela beli produk UMKM Brebes suatu terobosan yang dilakukan Pemkab Brebes untuk meningkatkan produksi dan daya beli masyarakat. Pelaku UMKM yang berjumlah sekitar 17.000 mayoritas beranggota ibu rumah tangga dan tinggal di pedesaan. Hal tersebut menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Produksi yang melimpah terkadang terkendala masalah pemasaran, dengan program bela beli UMKM kendala pemasaran teratasi sehingga menggairahkan dinamika UMKM. 

Dok. Pribadi.

Bela adalah satu gerakan dimana kita lebih mengedepankan untuk memberikan prioritas kepada produk-produk umkm. Menggunakan berbagai produk-produk umkm untuk keperluan sehari-hari. Begitu juga dengan membeli produk umkm untuk membantu sesama pelaku umkm, mensupport dan juga untuk pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil. 

Dok. Pribadi

Bukti keseriusan Pemkab Brebes pada pelaku umkm selain pelatihan dan peningkatan SDM juga memberikan tempat untuk mereka yaitu "Lapake Mane". Tempat ini adalah etalase untuk memajang dan menjual produk-produk umkm dilokasi yang sangat strategis yaitu disamping Pendopo dan Alun-alun. Dengan sarana ini diharapkan produk-produk umkm menjadi produk unggulan dan dijadikan buah tangan yang berkunjung ke Brebes. Kegiatan-kegiatan kedinasan diwajibkan untuk memakai produk umkm. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline