Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Warga Kerta Besuki Memasarkan Tiram Kupas sampai Jakarta

Diperbarui: 7 Juli 2021   16:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Sofiyan

Pesisir Pantura Brebes mulai dari Losari sampai Kaligangsa dikenal potensi lautnya. Masyarakat banyak memanfaatkan mulai dari usaha perikanan, garam sampai kuliner. Kuliner yang berbasis perikanan seperti seafood sangat digemari masyarakat, apalagi yang berbahan baku kerang. Ada tujuh jenis kerang yang biasa kita konsumsi yaitu Kerang Tiram, Jenis kerang laut yang pertama adalah kerang tiram,Kerang Hijau,Kerang Kampak, Kerang Simping,Kerang Kupang,Kerang Dara dan Kerang Bulu.

Dok. Sofiyan

Sekelompok masyarakat di Desa Kerta Besuki, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes hidup dengan mengandalkan usaha Kerang Tiram kupas. Ada sekitar 40 orang, salah satunya Rokhim (30)setiap hari mencari tiram di perairan Pandansari, Kaliwlingi dan Sawojajar. 

Hasilnya cukup banyak sekitar 3-4 kuintal setiap harinya . Hasil sebanyak itu jika sudah dikupas akan menghasilkan tiram kupas dengan harga 20.000-25.000/kg. Mereka tidak pusing tentang pemasaran karena pembeli akan datang sendiri atau oleh pengepool dibawa ke Jakarta. 

Dok. Sofiyan

Menurut penyuluh perikanan dari Dinas Perikanan Sofiyan menjelaskan usaha ini sudah berlangsung beberapa tahun. Usaha jenis ini tidak membutuhkan modal besar hanya membutuhkan ketekunan dan kesabaran.  Potensinya yang melimpah di perairan Brebes memberikan dampak perekonomian yang baik untuk masyarakat.  Selain daging yang bisa dimanfaatkan baik untuk makanan dan bahan baku saos tiram. Begitu cangkangnya bisa digunakan untuk media filter ikan koi atau bahan kerajinan. 

Jenis kerang laut yang bernama  kerang tiram yang memiliki kulit cangkang pipih dan berkapur. Cangkangnya berukuran besar dan bertekstur kasar seperti batu karang. Selintas bentuknya kasar namun memiliki gizi yang banyak dan memberi manfaat ekonomi untuk masyarakat. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline