Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Tuk Sirah Pemali Winduaji Wisata Berbasis Lingkungan

Diperbarui: 13 Juni 2021   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Tuk Sirah Pemali yang selama ini dikenal sebagai sumber aliran Sungai Pemali dan PDAM Brebes disulap menjadi DTW berbasis lingkungan. 

Wana Wisata Sirah Kali Pemali menawarkan pesona sumber mata air, hutan pinus, sport tourism,  camping ground,  pusat kuliner dan juga taman. 

Kawasan wisata yang menempati areal lahan Perhutani yang dibuka sejak bulan Oktober 2020 menarik perhatian pengunjung bukan saja warga sekitar namun juga dari Tegal, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Banjar. 

Dok. Pribadi

Destinasi yang baru dibuka memang masih progres dalam pembangunan sehingga fasilitasnya belum begitu lengkap. 

Sebagai contoh sarana umum seperti MCK baru satu, lahan parkir, aula, papan petunjuk, tempat sampah dan peta wisata. Namun walaupun begitu suasananya sangat asri dan sejuk. Sehingga membuat betah pengunjung  untuk berlama-lama disitu. 

Dok. Pribadi

Konsep berwisata dengan melestarikan lingkungan bisa dilihat dengan menjaga sumber mata air. Merawat mata air dengan menanam tanaman disekitar mata air, membuat taman dengan bunga-bunga yang indah dan dengan edukasi lingkungan. 

Fasilitas panggung alam terbuka untuk mengapresiasi seni bakat-bakat yang ada. Taman bacaan, panggung musik dan spot foto. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng?|)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline