Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Bersih Pantai Bebas Sampah di Taman Nasional Karimunjawa Bersama DPC HPI Karimunjawa

Diperbarui: 28 Februari 2021   19:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. HPI Karimunjawa

Sampah selalu menjadi persoalan dimana saja, baik di darat maupun di laut. Sampah akan menjadi momok apabila tidak dikelola dengan bijak apalagi di DTW. 

Penanganan sampah didaratan akan lebih mudah daripada yang berada di lautan. Seperti yang sering terjadi di Kawasan Taman Nasional Karimunjawa, sampah selalu ada baik yang dihasilkan wisatawan maupun yang terbawa ombak.

Dok. HPI Karimunjawa

DPC HPI Karimunjawa sebagai garis depan dalam kegiatan wisata di wilayah tersebut mempunyai tanggung jawab moral pada persoalan sampah. 

Pada Peringatan Hari Sampah Nasional (27/02/2021) dengan menggandeng Pemkec, Pemdes,Koramil 10, Polsek, DANPOS AL, Polairud, Balai Taman Nasional Karimunjawa, Paguyuban Biro Wisata, Trans Karimunjawa, DLH dan stakeholder yang lain bahu membahu membersihkan pantai di kawasan tersebut.

Dok. HPI Karimunjawa

Kawasan Taman Nasional Karimunjawa merupakan kawasan wisata populer di tanah air. Bahkan bawah airnya menjadi surga bagi pecinta wisata bawah air baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Hal ini terbukti setiap tahun dikunjungi tak kurang dari 35.000. Tentu ini memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Karimunjawa untuk bergerak dibidang sektor pariwisata, mulai dari travel agent, penginapan / homestay, kuliner, tour guide, souvenir dan sektor-sektor lain pendukung pariwisata.

Sebagai daya tarik wisata unggulan di Jawa Tengah dan nasional, sungguh tak elok bila pantai atau lautnya masih terbelenggu sampah. Tentu ini menjadi tanggungjawab kita bersama yang berada di Karimunjawa. Regulasi pemerintah desa dengan mengeluarkan Perdes Sampah bisa menjadi pemicu semangat semua stakeholder untuk bahu membahu membersihkan sampah. Persoalan sampah sudah digariskan dalam platform Sapta Pesona, dimana kebersihan menjadi salah satu unsur dalam penanganan wisata.

Dalam kegiatan tersebut dihasilkan sebanyak 2.000 kg sampah yang terdiri dari plastik, steroform, kayu, botol minuman, tumbuhan laut dan sampah lainnya. Persoalan sampah sudah menjadi isu tingkat dunia, apalagi letak Karimunjawa yang berada di utara Pulau Jawa dengan musim barat dan timur. Maka daerah ini menjadi daerah yang banyak menerima kiriman sampah dari berbagai wilayah. Dengan kegiatan hari ini anggota HPI Karimunjawa mampu bersinergi dengan berbagai pihak untuk memberikan informasi, edukasi dan bekerjasama dalam memerangi sampah.

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline