Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Mak Miti dan Waduk Malahayu, Satu Hati dalam Kehidupan

Diperbarui: 24 Agustus 2020   17:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Usia tak menghalangi untuk berhenti beraktivitas, jarak tak menyurutkan tekadnya untuk mengais rezeki. Di usia yang ke-65, Mak Miti masih mencari rezeki dari bada subuh sampai sore menjelang. 

Ibu dari tujuh putra-putri dengan enam belas cucu mencari rezeki dengan mencari ikan mendo di Waduk Malahayu. Uang yang didapat dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan dirinya dan jajan cucu-cucunya.

Dok. Pribadi

Bagi Mak Miti,  anak dan cucunya adalah segalanya sejak suaminya meninggal dunia. Maka, apapun akan dilakukan untuk membahagiakan mereka. 

Bekerja adalah ibadah, membahagiakan keluarga adalah kewajibannya. Maka setiap hari dia berada di sekitar waduk untuk mencari ikan mendo untuk dijual ke pengunjung atau ke pengepul. Tak kurang dari 30.000 dia dapatkan dari hasil penjualan ikan, tetapi kalau lagi baik cuacanya bisa lebih dari 50.000 setiap harinya. 

Dok. Pribadi

Berapapun hasilnya harus selalu dia syukuri, karena berapa pun yang didapat sudah diatur Allah. Yang terpenting ada usaha dan ikhtiar dari kita, berapa pun yang kita dapat kalau kurang bersyukur maka akan selalu kekurangan. Doa yang selalu dipanjatkan, dia minta selalu diberi kesehatan dan air waduk jangan surut. 

Dok. Pribadi

Ada hubungan batin yang kuat antara dirinya dan Waduk Malahayu. Dia selalu berada di waduk setiap harinya. Ikan mendo adalah ikan endemik yang hanya ada di situ sehingga sering disebut ikan ktp. 

Dari lahir, bermain, besar dan mencari nafkah selalu di situ, ikatan batin dan emosionalnya begitu kental. Maka dia sedih ketika air waduk surut dan kering, karena kehidupan sebagai pencari ikan mendo akan terhenti. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline