Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Brownis Motif Batik Salem, Inovasi Pelaku UMKM Brebes

Diperbarui: 25 Juli 2020   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Entin

Kalau tidak jeli mengamati kita akan terjebak pada motif dan kemasan yang kita lihat itu sebuah kain batik. Ternyata setelah kita amati lebih detail itu brownis yang dibuat ibu Prihantini (45) dengan motif Batik Salem. Kecintaan pada batik dan keahliannya melukis digabungkan dengan usahanya dibidang kuliner,  terciptalah brownis motif Batik Salem. 

Dok. Prihantini

Usaha yang baru dirintis sebulan yang lalu langsung mendapat respon yang positif dari masyarakat.  Bahkan bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE, MH memberikan apresiasi yang luar biasa. Selain mengangkat perekonomian masyarakat juga mampu mengangkat potensi Batik Salem kejenjang yang lebih tinggi. Perpaduan produk Umkm,  seni lukis dan seni batik dipadupadankan menjadi satu dalam bentuk brownis. 

Dok. Entin

Produk brownis dengan ukuran 24 cm2 dijual dalam masa promosi 60.000 Rupiah. Dan uniknya disini pembeli bisa memesan motif yang dikehendaki  dengan memesannya terlebih dahulu. Bukan hanya batik Salem saja yang bisa dibuat tetapi batik lain pun bisa dibuat.  Hanya saja untuk batik Salem paling cocok untuk brownis,  sedangkan batik motif lain bisa digunakan pada bolu gulung dan bolu panggang. 

Dok. Prihantini

Prihantini berharap produk olahannya bisa menjadi oleh-oleh khas Brebes.  Bahkan produknya bisa menjadi cinderamata untuk pejabat atau anggota legislatif ketika menerima kunjungan ataupun melakukan kunjungan keluar Brebes. Karena ditangan mereka promosi produk Umkm lebih efektif dan terarah selain event pameran. (KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng.|)



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline