Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Bancakan, Tradisi Makan Bareng

Diperbarui: 24 Maret 2020   07:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bancakan bisa diartikan kenduri,  walimahan atau slametan dalam suatu kegiatan syukuran. Bisa syukuran naik pangkat,  dapat undian, ulang tahun atau kebahagian lain yang perlu dibagi dengan orang lain. Hidangan yang disajikan biasanya nasi ambengan yang terdiri dari sayur oblok-oblok, urab,  telor,  ayam, terong,  kacang panjang dan sambel. 

Nasi ambengan biasa ditaruh tampi atau nampan dan dimakan beberapa orang.  Mereka duduk menggerobol dan mengitari nasi ambeng dengan kelompoknya masing-masing. Atau dibuat memanjang dengan daun pisang, sehingga mereka saling berhadapan. 

Dok. Pribadi

Makan nasi bancakan memang sangat nikmat walau dengan menu seadanya.  Baik didalam maupun luar ruangan sama suasananya. Kebersamaan,  saling menghargai dan kesederhanaan ditanamkan disini.  Kita saling berbagi lauk,  tidak berebut dan posisi kita sama tanpa pembeda status sosial. 

Kini paket nasi bancakan banyak dijual di hotel, restoran dan paket wisata Winduaji. Paket ini sangat pas untuk rombongan kantor,  instansi atau organisasi.  Sangat berkesan dan rahat untuk kebersamaan dan kegiatan yang melibatkan banyak orang. (KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng). 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline