Lihat ke Halaman Asli

Ardi Bagus Prasetyo

Praktisi Pendidikan

Pembelajaran Berbasis Blogging: Meningkatkan Kreativitas Belajar dengan Memanfaatkan Media Blog bagi Siswa atau Siswi di Sekolah

Diperbarui: 22 April 2022   17:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(https://www.nesabamedia.com)

Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang terjadi di seluruh dunia tentu  berdampak  pula pada  inovasi yang muncul di berbagai bidang. Tak terkecuali pada bidang Pendidikan. Pada situasi modern saat ini, seluruh dunia seakan terpacu untuk dapat berlomba meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam mengintegrasikan kemajuan teknologi informasi dengan berbagai aspek dalam bidang Pendidikan. Mulai dari desain kurikulum di suatu negara, peningkatan keterampilan guru atau pendidik, pembinaan serta pelatihan dalam penggunaan teknologi serta pemanfaatan fitur-fitur yang disajikan dalam teknologi yang dijadikan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Media pembelajaran memiliki fungsi sebagai perantara seperti yang disampaikan oleh Heinrich dalam Arsyad (2013) yang menyatakan bahwa, medium merupakan perantara yang menyampaikan informasi antara sumber dan penerima. Definisi tersebut menekankan istilah media sebagai perantara.

Pendapat senada juga disampaikan Cagne dan Briggs dalam Arsyad (2013) yang secara eksplisit menyatakan bahwa, media pembelajaran mencakup alat-alat secara fisik untuk digunakan menyampaikan isi bahan ajar.

Berdasarkan pendapat tersebut, cukup dapat dipahami secara sederhana jika media pembelajaran merupakan sarana utama yang dapat dimanfaatkan dalam menyampaikan isi-isi esensial dari materi pelajaran, agar situasi belajar tetap menyenangkan, santai, dan capaian belajar dapat diraih secara maksimal tanpa mengurangi peran penting proses pembelajaran.

Pemanfaatan salah satu media pembelajaran khususnya pembelajaran Bahasa Indonesia adalah dengan menggunakan media berbasis blog/bloging.


Apa sih yang dimaksud Blog?

Blog merupakan website jurnal online yang memuat beragam informasi, seperti arteikel, foto, atau video, yang selalu diperbarui secara rutin.Pengertian blog, mengacu pada kata web log yang berarti website untuk menyimpan log atau catatan, yang dikelola oleh satu atau beberapa blogger.

Blogging adalah aktivitas mengelola suatu blog. Seperti menulis, memperbarui, atau menambahkan elemen lainnya sebagai penunjang semsial foto dan video pada konten blog. Aktivitas ini dilakukan oleh para blogger dengan memanfaatkan tool digital yang ada di internet. Aktivitas blogging mulai popular pada pada awal tahun 2000-an ketika sejumlah blog berbau politik bermunculan. Beberapa saat setelahnya, aktivitas menulis sebuah blog pun menjadi rutinitas yang dilakukan banyak orang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline