Lihat ke Halaman Asli

Bang Amin Gadget

Service Laptop No.1 di Bandung

Cara Menjadikan Kamera DSLR sebagai Webcam

Diperbarui: 16 Maret 2022   10:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Meskipun sekarang kebanyakan laptop sudah build-in dengan webcam, tetapi kualitas gambar / video yang diberikan bisa dibilang masih kurang memuaskan, terlebih pada laptop entry level yang hanya menyediakan camera 720HD. Menjadikan Kamera DSLR sebagai Webcam

Nah pada tutorial kali ini, kita akan coba memberikan kamu cara untuk membuat kamera DSLR sebagai Webcam. Opsi ini tentunya bisa menjadi pilihan ketika ingin mendapatkan hasil gambar yang memuaskan.

Menjadikan Kamera DSLR sebagai Webcam

Pertama untuk membuat hal ini terjadi, kamu membutuhkan bantuan software yang bernama SparkoCam. Tetapi sebelumnya kamu harus memastikan apakah kamera DSLR (bisa Canon atau Nikon) kamu support dengan software ini atau tidak, caranya dengan melihat bagian bawah pada halaman ini.

Jika support maka kamu bisa melanjutkan proses. Download SparkoCam (46.13MB), kemudian jalankan proses installasi seperti biasa. Ketika proses installasi selesai, koneksikan DSLR dengan laptop dengan menggunakan kabel USB (disarankan menggunakan kabel bawaan kamera).

Pada software SparkoCam, software akan mendeteksi secara otomatis jenis kamera yang kamu gunakan, bisa kamu lihat melalui tab Device. Pada tab tersebut, kamu bisa mengambil gambar serta mengatur pengaturan DSLR seperti ISO, exposure, metering mode, picture style, dsb.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan berbagai macam efek pada tab Effects dan melihat hasil foto pada tab Gallery.

Selebihnya, kamu bisa mencoba untuk menggunakannya pada aplikasi lainnya seperti Skype. Ketika membuka Skype (yang defaultnya menggunakan build-in webcam), kamu harus menggantinya dengan cara membuka Tools (alat) -- Options, lalu pada tab Pengaturan video, klik menu drop down lalu pilih SparkoCam Virtual WebCam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline