Lihat ke Halaman Asli

Bandung Tandang

Mahasiswa Fisioterapi Universitas Binawan

Mengenal Lower Back Pain

Diperbarui: 19 Desember 2023   03:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.structurabodytherapies.com/topics/low-back-pain-and-or-nerve-impingement/ 

Pernahkah kalian mengalami sakit di punggung bagian bawah dan mengganggu aktivitas kalian, lower back pain atau yang kerap kita sebut nyeri pinggang memang hal yang biasa terjadi terutama di era sekarang yang semua aktivitas tidak memerlukan banyak kegiatan fisik dan menyebabkan kita banyak duduk sehingga otot bagian belakang menjadi kaku dan rentan mengalami penyusutan.

Apa itu lower back pain

Lower back pain adalah rasa sakit di punggung bagian bawah akibat tekanan yang terlalu lama dan posisi yang statis sehingga dapat memicu reaksi saraf reseptor rasa sakit, punggung merupakan pusat saraf yang terhubung langsung dengan otak dan batang otak juga diselimuti oleh otot dan tendon sehingga rawan untuk terkena gangguan di area tersebut apabila otot bagian punggung kurang terlatih.

Lower back pain bukanlah penyakit yang dapat mengancam nyawa namun apabila dibiarkan dapat memperparah rasa sakit dan mengganggu sistem gerak fungsi tubuh yang menyebabkan aktivitas sehari hari dapat terganggu.

Gejala nya mulai dari rasa seperti menusuk, pegal bahkan terbakar yang bisa menjalar ke daerah low extrimity (tubuh bagian bawah)

Cara mencegah lower back pain

Dilansir dari mayoclinic.org meningkatkan kondisi fisik merupakan cara yang paling ampuh untuk mengurangi resiko terkena lower back pain diantaranya yaitu :

  • Olahraga, berjalan dan bersepeda merupakan olahraga yang baik untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot bagian belakang
  • Pola makan sehat, mengurangi berat badan dan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang dan otot juga dapat membantu mengurangi resiko terkena lower back pain.
  • Berhenti merokok, merokok dapat meningkatkan resiko terkena lower back pain, jadi disarankan untuk mengurangi bahkan berhenti merokok.

Peregangan juga dapat mengurangi kompresi pada bagian lower back sehingga tendon tidak stress dan mendapatkan ruang untuk bernafas, konstriksi pada bagian lower back dapat menyebabkan arthritis yang dapat memperparah lower back pain.

Kesimpulan

Lower back pain adalah masalah yang umum namun mudah untuk dicegah, tubuh manusia memang dirancang untung melakukan aktivitas fisik sehingga ketika tubuh diam dan tidak melakukan aktivitas apapun seperti duduk dan tidur terlalu lama akan membuat tubuh menjadi kaku dan tidak sesuai dengan fungsi yang sebenarnya, selalu konsultasikan ke dokter/fisioterapis apabila nyeri bertambah parah dan dalam jangka waktu yang panjang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline