Lihat ke Halaman Asli

Bambang Setyawan

TERVERIFIKASI

Bekerja sebagai buruh serabutan yang hidup bersahaja di Kota Salatiga

Apakah STNK & BPKB Mobil Anda Asli?

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14287551021538500663

[caption id="attachment_409367" align="aligncenter" width="517" caption="Mobil- Mobil Bodong Yang Disita Polres Salatiga (Foto: Dok Ressltg)"][/caption]

Ketika uang di tabungan belum mencukupi untuk membeli mobil baru, solusi paling mudah dengan membayar kendaraan roda empat bekas yang harganya lumayan miring dibanding yang gress. Pertanyaannya, apakah dokumen pendukungnya asli ?

Lho , emangnya ada dokumen kendaraan roda empat yang palsu ? Jawabnya sederhana, banyak STNK mau pun BPKB abal- abal yang beredar di tangan masyarakat. Setidaknya, hal ini diakui oleh komplotan pemalsu surat- surat kendaraan bermotor yang berhasil diringkus jajaran Polres Salatiga.

Setidaknya, selama malang melintang dalam dunia pemalsuan dokumen, komplotan yang dipimpin oleh Mawas Yudhono(47) warga Batang Perintis II/9 RT 03 RW 11 ,Surabaya, Jatim ini, sudah menedarkan sedikitnya 500 lembar STNK mau pun BPKB palsu. Dokumen abal- abal itu diedarkan mulai dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan hingga Indonesia bagian timur.

Dengan dibantu kaki tangannya yang terdiri atas Setyawan Adi Nugroho alias Wawan Gading (39) warga Jalan Gunungsari RT 03 RW 06, Kutowinangun, Tingkir, Kota Salatiga, Ari Setyawan (47) warga Jalan Mangga nomor 36, Kartosuro, Kabupaten Sukoharjo dan Agung Winarno (40) warga Batang Perintis Raya No 5, Ngagel Rejo, Wonokromo ,Surabaya, Jatim. Mereka sukses memperdaya para korban yang ngebet pingin segera memiliki mobil.



[caption id="attachment_409368" align="aligncenter" width="611" caption="Barang Bukti Yang Bersail Disita Petugas (Foto"]

1428755668291591621

[/caption]

Dalam praktiknya, mereka tak hanya mampu menyiapkan STNK dan BPKB secara instant, tapi bila dibutuhkan juga disiapkan surat- surat pendukung lainnya seperti pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), pemberitahuan impor barang (PIB), Form A, Form B, faktur pembelian , buku Kir hingga buku nikah. Tentunya semua palsu adanya.

Lantas berapa harga untuk STNK berikut BPKB nya ? Ari Setyawan yang mengaku perannya sebagai marketing dalam komplotan tersebut menjelaskan. Untuk STNK dipatok harga Rp 2,5 juta, sedang BPKB Rp 4 juta, sedang waktu pengerjaan yang dibutuhkan adalah 1 hingga 4 hari. Dengan tingkat kemiripan mencapai 75 persen, artinya nyaris sempurna.

Khusus STNK abal- abal produksi mereka, bila pada malam hari tertangkap petugas di jalan atau tengah melakukan razia, bisa dipastikan bakal lolos. Sebab, tanpa pengamatan yang cermat, STNK itu tak bakal terdeteksi merupakan dokumen palsu.

Terkait erat dengan pengungkapan komplotan pemalsu dokumen itu, pihak Polres Salatiga sudah melakukan penyitaan 2 bundel surat buka blokir, 33 bundel keterangan BPKB. 51 sampul BPKB, 4 bundel fiscal. 72 lembar bukti pembayaran pajak, 100 lembar STNK kosong, 103 faktur kosong dari berbagai jenis mobil, 35 stempel pihak kepolisian, 19 stempel dealer, 10 buah stempel Samsat, 23 stempel Dirlantas dan 355 lembar data kendaraan roda empat.

Sedangkan kendaraan yang dilengkapi dokumen palsu, pihak Polres Salatiga mengaankan sedikitnya 24 unit mobil , seperti Toyota Avanza, Daihatsu Grand Max, Daihatsu Xenia, Suzuki Swift, Suzuki Vitara, Suzuki APV dan Isuzu Panther. Semuanya dikandangkan untuk didalami apakah barang- barang itu merupakan hasil kejahatan atau tidak.

[caption id="attachment_409370" align="aligncenter" width="653" caption="Empat Tersangka Pemalsu Dokumen Kendaraan (Foto: Dok Ressltg)"]

1428756168747892415

[/caption]

Konfirmasi Samsat

Dari pihak Polres Salatiga sendiri mengharapkan agar orang- orang yang menjadi korban komplotan ini mau bersikap kooperatif untuk membuat pengaduan. Pasalnya, kendati “konsumen” ada yang benar- benar sadar memesan dokumen palsu terhadap mereka, namun terdapat “konsumen” yang termasuk katagori korban. Sebab, para korban membeli mobil bekas berikut surat- surat dari tangan kelompok tersebut.

Ada pun sedikit tips agar terhindar dari ulah para penipu ini, sebenarnya relatif mudah. Hanya dibutuhkan sedikit kesabaran saat melakukan transasaksi pembelian mobil bekas. Cara pertama yakni, belilah kendaraan dari orang yang sudah anda kenal, hal itu untuk antisipasi agar tak terjadi hal- hal yang kurang menguntungkan. Yang paling penting, harga yang ditawarkan normal,selayaknya harga pasaran.

Sedang cara ke dua, cobalah cocokkan nomor rangka, nomor mesin dengan STNK mau pun BPKB. Semisal sudah klop, selanjutnya untuk STNK , kertas STNK asli sedikit lebih tebal dibanding yang palsu. Selain itu ada hologram yang menempel erat serta memiliki lambang Satlantas yang akan terlihat saat terkena sinar ultra violet. Ada tambahan lain, yakni terdapat tulisan STNK dengan huruf braile (lobang- lobang kecil) yang terletak di sisi kanan, di sebelah kiri juga terdapat benang pengaman berwarna perak.

Apakah bila STNKnya asli, BPKB dijamin asli ? Belum tentu, bisa saja BPKB sudah dijadikan agunan kredit namun tak ditebus. Untuk mengetahuinya, BPKB asli memiliki tanda hologram yang menampilkan gambar Tri Brata Polri yang memiliki beragam warna. Demikian pula pada sampul BPKB asli, misal ditaruh di bawah sinar matahari atau sinar ultra violet, maka akan nampak benang- benang yang melekat.

Langkah terakhir, merupakan tindakan paling aman adalah mendatangi Samsat setempat untuk konfirmasi agar diketahui seluruh keabsahan surat- surat kendaraan. Setelah semuanya oke, maka anda layakmendapatkan ketenangan baik di jalan atau pun di rumah. Pertanyaan terakhir, aslikah dokumen mobil anda ? (*)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline