Lihat ke Halaman Asli

Bamby Cahyadi

Penulis, Profesional Food and Beverages Business

Kiat Sukses Mempertahankan Pelanggan Anda

Diperbarui: 19 Februari 2021   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kiat sukses ini ialah KENALI TIPE PELANGGAN ANDA DAN KEBUTUHAN MEREKA

Tulisan singkat ini sangat berguna bagi pemilik, pelaku dan karyawan di usaha kuliner. Saya akan membeberkan tipe-tipe pelanggan dan bagaimana memperlakukan mereka.

Setiap pelanggan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Hanya Anda yang bisa belajar dan tahu perbedaan-perbedaan ini. Di bawah ini beberapa saran untuk tipe pelanggan yang berlaku umum di dunia Food & Beverages sebagai berikut:

Anak-anak

Anak usia 1-3 tahun. Senang mainan seperti balon atau bendera kertas. Jangan lupa memberikan mainan dengan label aman untuk anak-anak di bawah tiga tahun. Maka sangat disarankan selalu tersedia balon atau bendera kertas di tempat usaha Anda, apabila segmentasi usaha Anda adalah keluarga.

Anak usia 3 -5 tahun. Senang ditunjukkan bagaimana membuat/menyusun mainan misalnya lego, atau boks. Bahkan di beberapa kafe dengan segmentasi pelajar dan mahasiswa pun mainan seperti lego dan menyusun boks disediakan, misalnya di Warunk Upnormal.

Anak sudah sekolah usia 6-8 tahun. Senang dikenali atau dipanggil namanya dan senang mainan. Oleh karena itu sangat berguna Anda mengenali nama-nama pelanggan muda di tempat usaha Anda dan masukkan mereka ke dalam catatan data base pelanggan.

Pra Remaja (9-12 tahun)

Mereka senang diperlakukan seperti orang yang lebih tua atau orang dewasa. Mereka sangat suka dipanggil dengan sebutan Mas, Mbak, atau Kakak. Tapi jangan juga mereka dipanggil sebagai Bapak atau Ibu.

Remaja

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline