Lihat ke Halaman Asli

Bamby Cahyadi

Penulis, Profesional Food and Beverages Business

Customer Service dan Hospitality bagi Pelaku Bisnis Kuliner

Diperbarui: 18 Februari 2021   19:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

jicsi.co.id

Tulisan ini saya tujukan untuk pelaku usaha bisnis kuliner restoran atau kafe, baik yang berskala UMKM ataupun yang sudah berskala besar.

CUSTOMER SERVICE

Apa yang sebetulnya dibeli oleh pelanggan sewaktu mereka datang ke restoran atau kafe Anda?

Makanan dan minuman yang kita sajikan tidak bisa dipisahkan dengan bagaimana cara kita menyajikannya. Pelanggan sejatinya membeli "Service Experience", ketika mereka datang dan memesan makanan dan minuman di tempat kita.

Customer service yang sangat baik adalah bagian dari "experience" (pengalaman) secara keseluruhan yang akan selalu diingat oleh pelanggan sesudah makananan dan minuman yang mereka pesan disantap.

Persepsi pelanggan mengenai total service value (nilai pelayanan) tidak hanya didasarkan pada kualitas produk dan "cleanliness" atau kebersihan tempat usaha Anda saja, tetapi juga didasarkan pada bagaimana perasaan mereka sebagai hasil dari pelayanan yang mereka dapatkan.

DUA DIMENSI yang menciptakan quality customer service: Procedural Dimension dan Personal Dimension. Masing-masing sangat penting untuk memberikan quality service.

PROCEDURAL DIMENSION

Adalah sistem dan prosedur untuk memberikan produk dan atau pelayanan kepada pelanggan secara paripurna.

Sistem dan prosedur adalah panduan pelaksanaannya, dikenal dengan Standard Operating Procedure (SOP). Tujuan dari sistem dan prosedur adalah untuk memastikan konsistensi semua sumber daya manusia dan tidak menciptakan karyawan sebagai "robot".

PERSONAL DIMENSION

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline