Lihat ke Halaman Asli

Pemahaman Psikologi dan Strategi dalam Ilmu Komunikasi Menurut Rifky Maulana

Diperbarui: 24 Mei 2024   22:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: Bambang Gunomo (Mahasiswa Ilmu Komunikasi S1 Universitas Pamulang)

ILKOM UNPAM, TANGSEL. Rifky Maulana selaku dosen Fakultas Ilmu Komunikasi memberikan tips kepada para mahasiswa dan menjelaskan tujuan mata kuliah yang ia sampaikan di Gedung Viktor Kampus 2 Lantai 6 Ruang 637 pada hari Jumat (29/05/2024) Agar Mahasiswa mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Tips dari Rifky Maulana untuk para mahasiswa agar mudah memahami Psikologi Komunikasi dan Strategi Komunikasi : Aktif Mendengarkan : Seperti mendengarkan dengan empati dan menghindari suatu hal yang membuat menganggu pembicara, Memahami Kebutuhan Audiens : Karena setiap orang memiliki kebutuhan dan persepsi yang berbeda maka usahakan untuk memahami audiens anda dan sesuaikan gaya komunikasi yang dibutuhkan oleh audiens tersebut, Latihan Berbicara Didepan Umum : Karena latihan berbicara didepan umum adalah suatu hal yang penting untuk membantu memperbaiki kepercayaan diri dan kemampuan berbicara, Gunakan Bahasa yang Jelas dan Cepat : Seperti menghindari penggunaan kata yang rumit dan yang tidak diperlukan untuk digunakan, Berlatih Empati : Cobalah untuk sering -- sering melihat situasi dari sudut pandang orang lain karena itu membantu membangun hubungan yang lebih baik dan memperkuat koneksi interpersonal.

Menurut Rifky "Psikologi Komunikasi adalah ilmu yang mepelajari bagaimana individu memahami, menginterpretasi ,dan merespons informasi yang diterima melalui proses komunikasi. Seperti presepsi, motivasi, emosi, dan prilaku manusia dalam konteks komunikasi interpersonal, kelompok, dan masa. Namun tujuan Psikologi Komunikasi menurut Rifky dapat membantu mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif, memperbaiki hubungan antar pribadi, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam berbagai situasi."

Bisa kita pelajari psikologi komunikasi itu menjabarkan bahwa faktor psikologi dipengaruhi oleh beberapa faktor. faktor dari media, dan apa yang kita tonton. Lalu sebagai seorang strategi komunikasi juga kita harus mempunyai yang namanya strategi untuk menunjukan kearah yang kita mau, contohnya: seorang marketing melakukan research, kemudian tools yang digunakan seperti digital marketing yang rata" ditargetkan  B2B/ Bisnis to Bisnis dan B2C. B2B itu perusahaan dengan perusahaan dan B2C itu perusahaan dengan customer. 

Berikut penjelasan pengertian dan Tips Psikologi Komunikasi dan Strategi Komunikasi dari Rifky Maulana




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline