Lihat ke Halaman Asli

Bambang Sumariyono

Guru SMKN 1 Blora

3.3.F.1. Forum Diskusi Eksplorasi konsep - Modul 3.3

Diperbarui: 7 November 2024   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Forum Diskusi Eksplorasi konsep - Modul 3.3

3.3.f.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 3.3

Bambang Sumariyono

CGP A 11 Kab. Blora

Tujuan Pembelajaran Khusus: Melalui diskusi secara asinkron, CGP dapat menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam sebuah contoh program/kegiatan  intrakurikuler, kokurikuler, atau ekstrakurikuler sekolah

Pertanyaan Pemantik

1. Apa hal yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam menyusun program/kegiatan yang berdampak pada murid?

Jawaban :

  • - Karekteristik lingkungan belajar dibangun oleh guru dalam menyusun program/kegiatan (mengacu pada 7 karekteristik lingkungan)
  • - Jenis program/kegiatan yang disusun (intrakulikuler,kokurkuler, atau ekstra kurikuler).
  • - Sejauh mana aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid dipromosikan atau didorong dalam kegiatan atau tersebut.

2. Seperti apakah gambaran program/kegiatan yang dapat mempromosikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid?

Jawaban :

  • - Untuk menumbuhkan kepemimpinan murid dalam proses pembelajaran, ketiga aspek tersebut perlu dipertimbangkan pilihan murid menjadi penting agar murid dapat mengambil
  • kepemilikan atas pembelajaran mereka. Melalui pilihan dan kepemilikan, suara murid dapat diwujudkan. ketiga aspek tersebut disematkan dengan hati hati dalam lingkungan belajar. lingkungan belajar yang seperti ini akan membuat seluruh anggota komunitas untuk ikut terlibat dalam prosesnya.
  • Jenis Program/Kegiatan Program
  • "Gerakan Literasi Sekolah"
  • Program ini merupakan kegiatan intrakurikuler karena bertujuan meningkatkan minat baca, kemandirian, dan berpikir kritis.

3. Lingkungan seperti apa yang menurut Bapak/Ibu dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline