3.2.e. Mulai dari Diri - Modul 3.2
Pada sesi ini, Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal Anda tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dan bisa memetakan aset berbasis kekuatannya baik pada diri sendiri maupun sekolah dalam pengelolaan sumber daya sekolah.
1.Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat bapak ibu bertugas.
Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?
Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam hal ini, jika kita membayangkan sekolah atau tempat saya bertugas jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem yaitu terdapat komponen biotik dan abiotik dalam sekolah. komponen biotik terdiri dari Kepala sekolah, guru, staf karyawan, murid, dsb. sedangkan komponen abiotik isi misi sekolah, kurikulum, faktor keuangan, saran prasarana, humas, kepegawaian, lokasi strategis sekolah, dll. Kedua lingkungan tersebut saling bersinergi satu dengan lainnya guna menciptakan lingkungan belajar berbudaya positif.
2. apa saja yang bisa anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
perhatikan utuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.
Sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah yaitu Sumber Daya Manusia seperti kepeminpinan kepala sekolah, sistem manajemen sekolah, kompetensi guru di sekolah, kurikulum, fasilitas sekolah, jaringan kemitraan sekolah, pemanfaatan teknologi, serta sumber daya alam dan lingkungan sekitar.
3. Refleksi sosok peminpin atau kepala sekolah yang meminpin sekolah tersebut. Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok peminpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/ pemanfaatan sumber daya yang ada?
Kepemimpinan Kepala sekolah memegang peranan penting dalam menciptakan ekosistem sekolah yang sehat dan produktif yang mengoptimalkan semua sumber daya yang ada. Saya mencoba merefleksikan sosok peminpin kepala sekolah di tempat saya, beliau merupakan pribadi yang sangat disiplin dan taat terhadap aturan. setiap keputusan yang diambil berlandaskan pada aturan yang berlaku. Kebijkan-kebijakan yang digunakan sangat prosedural sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang pernah dialami. Mampu menjalin kemitraan yang baik dengan masyarakat dan lingkungan sekitar sekolah untuk bersama-sama mewujudkan tujuan pendidikan .