2.2.f.1.b. Eksplorasi Konsep - Kasus 2
Bambang Sumariyono
CGP ANGKATAN 11 Blora
1. Apakah situasi yang dihadapi Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat, padat, dan jelas
- Berdasarkan roda emosi, kemungkinan Pak Eling: merasa bingung, karena dalam waktu yang hampir bersamaan harus mengerjakan beberapa pekerjaan yang dirasa sama-sama penting dan pengelolaan waktu yang perlu lebih efektif lagi. Padatnya kegiatan membuatnya terlupakan satu tugas.
2. Berdasarkan pemahaman Anda tentang KSE manajemen diri berlandaskan kesadaran penuh (mindfulness) yang sudah Anda pelajari, bagaimana Bapak Eling dapat merespon situasinya dengan kompetensi tersebut? Jelaskan alasan Anda
- Melakukan teknik STOP, ambil jeda sejenak untuk istirahat. Lalu rancang jadwal keseharian (to do list) dalam buku agenda atau ponsel sebagai pengingat.
- Mengelola Emosi dan Fokus untuk Mencapai Tujuan; hal ini dibutuhkan Pak Eling untuk bisa fokus pada apa yang sedang dihadapi saat itu dan apa yang sedang dikerjaan saat itu, meskipun beliau berperan multitasking tapi karena saat itu sedang mengajar maka yang menjadi fokus Pak Eling adalah fokus pada kegiatan belajar mengajar dan segera mengambil alternatif terdekat yang paling memungkinkan agar proses pembelajaran tidak semakin tersendat, dan Pak Eling sendiri tetap bisa mengelola kelas secara profesional tidak seperti orang kebingungan.
- Pak Eling bisa menanyakan ke diri sendiri terlebih dahulu apa yang sedang dia rasakan saat memasuki ruang kelas, apakah merasa bingung atau khawatir sehingga lupa membuat skala prioritas.. Setelah menemukan jawabannya Pak Eling bisa melanjutkan dengan melakukan metode STOP (berhenti sejenak, Tarik nafas, amati apa yang sedang terjadi baik yang terjadi pada diri sendiri atau keadaan disekelilingnya, baru melanjutkan aktifitas selanjutnya) untuk mengembalikan kesadaran diri sepenuhnya pada saat ini. Dan mengambil langkah yang lebih baik kedepannya agar hal sama tidak terjadi lagi.
- Keterampilan mengelola tugas dan peran dalam kelompok, Bagaimana mengelola peran yang berbeda-beda? Misalnya, siapa yang akan mencatat? Siapa yang akan memastikan kita dapat tetap fokus pada tugas dan tujuan?, Siapa yang akan menjaga waktu? Siapa yang akan memastikan kelanjutan diskusi dan dialog. Dalam berorganisasi semua orang harus mengerjakan tanggung jawab sesuai peran masing-masing. Jika ini berjalan dengan baik maka Pak Eling tidak perlu menyelesaikan tugas semuanya termasuk harus membuat dan menyiapkan proposal sendiri
bagaimana Bapak Eling dapat merespon situasinya dengan kompetensi tersebut? Jelaskan alasan Anda
- Karena sudah masuk ruang kelas dan belum menyiapkan rubrik penilaian, maka yang saya akan lakukan adalah mengkondisikan pembelajaran agar tidak tersendat, yaitu meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan untuk kebutuhan pembuatan proyek atau meminta siswa mereview materi terlebih dahulu sembari saya menyiapkan dan mendownload rubrik penilaian, sehingga kelas tetap kondusif dan rubrik penilaian pun tetap bisa disiapkan
- Karena dalam hal ini Pak Eling adalah ketua panitia, maka saat rapat saya akan tegaskan kembali job description masing-masing anggota, dan saya akan memberikan keyakinan penuh kepada rekan anggota bahwa mereka akan bisa bekerja dengan penuh tanggung jawab dibawah kontrol dan evaluasi saya, sehingga tidak semua tugas/pekerjaan dihandle oleh ketua panitia. Seperti contoh pembuatan proposal itu selayaknya yang membuat adalah sekretaris, maka saya akan mempercayakan sekretaris untuk membuatnya namun tentunya dibawah koordinasi dan kontrol dari ketua.
- Kedepan, saya akan membuat jadwal dengan skala prioritas dan memasang alarm sesuai jadwal, dan saya konsisten mengerjakan tugas-tugas yang sudah terjadwal sehingga semua pekerjaan bisa terlaksana dengan baik tanpa ada yang terlewat atau tertunda
Salam dan Bahagia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H