Lihat ke Halaman Asli

Bambang Sumariyono

Guru SMKN 1 Blora

1.3.f.7. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3 Tahapan KANVAS BAGJA

Diperbarui: 16 Juli 2024   15:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahapan KANVAS BAGJA

Modul 1.3 Guru Penggerak: BAGJA Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi

Apa itu BAGJA merupakan akronim atau singkatan dari 5 langkah utama yang digunakan dalam sebuah proses Inkuiri Apresiatif . Inkuiri Apresiatif merupakan sebuah pendekatan kolaboratif untuk mengetahui kondisi suatu organisasi atau komunitas dalam mengembangkan perilaku suatu organisasi dan dijalankan dalam suasana yang positif dan apresiatif.

Tahapan Menggunakan kanvas B-A-G-J-A

BAGJA |Prakarsa perubahan: Menjadi Guru yang menyenangkan bagi murid

B-uat pertanyaan utama

PERTANYAAN

  • Apa yang harus saya lakukan untuk menjadi seorang guru yang menyenangkan bagi murid?
  • Langkah-langkah apa yang perlu dipersiapkan untuk menjadi guru yang menyenangkan bagi murid?

TINDAKAN/PENYELIDIKAN

  • Menjadi guru yang perhatian dan komunikatif kepada murid, Menjadi guru yang ramah, Menjadi contoh atau teladan bagi murid, menjadi guru yang humoris, memiliki sikap yang dinamis
  • Mengusai meteri, Memiliki tekhnik mengajar yang bervariasi, Adil dan bijaksana dalam memperlakukan murid

A-mbil pelajaran

PERTANYAAN

  • Siapakah orang yang memiliki pengalaman yang bisa dijadikan rujukan sumber mewujudkan menjadi seorang guru yang menyenangkan bagi murid?
  • Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan untuk mewujudkan menjadi seorang guru yang menyenangkan murid?
  • Situasi apa yang dapat kita lihat ketika murid merasa senang dalam pembelajaran?
  • Keterampilan apa yang dibutuhkan untuk menumbuhkan suasana kelas yang menyenangkan bagi murid?

TINDAKAN/PENYELIDIKAN

  • Seorang guru Teknik Mesin yang baik dan ramah berpihak pada murid
  • Menerapkan metode dan strategi pembelajaran yang menyenangkan murid
  • Ketika ada murid yang melakukan kesalahan tidak memarahinya namun menegurnya dengan baik
  • Menyapa murid dengan baik, ramah dan tersenyum
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline