Lihat ke Halaman Asli

Bambang Sumariyono

Guru SMKN 1 Blora

Eksplorasi Konsep - Modul 1.2.F Tugas C

Diperbarui: 3 Juli 2024   07:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagaimana Menggerakkan Manusia/dokpri

Tugas C

1. Apa kaitan antara diagram identitas gunung es dengan penumbuhan Profil Pelajar Pancasila pada murid dan transformasi pendidikan?

Jawab :

Mari kita jelajahi kaitannya dengan penumbuhan profil pelajar Pancasila pada murid dan transformasi pendidikan:

  1. Diagram Identitas Gunung Es:
    • Diagram ini menggambarkan bahwa setiap manusia memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam dirinya.
    • Unsur intrinsik adalah kodrat jiwa dan pemikiran yang tersembunyi di dalam diri kita.
    • Unsur ekstrinsik adalah karakter yang tampak di luar, yang terbentuk melalui penumbuhan dan perawatan karakter dan pikiran.
  2. Penumbuhan Profil Pelajar Pancasila:
    • Penumbuhan profil pelajar Pancasila dimulai sejak dalam kandungan seorang ibu.
    • Nilai-nilai Pancasila ditanamkan melalui interaksi dengan lingkungan, pendidikan, dan pengalaman pribadi.
  3. Transformasi Pendidikan:
    • Dengan memahami diagram identitas gunung es, Guru Penggerak dapat memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan.
    • Transformasi pendidikan terjadi ketika nilai-nilai ini ditanamkan dan tumbuh dalam diri setiap murid.

Dengan memahami kaitan ini, kita dapat menciptakan pendidikan yang berpihak pada murid dan masyarakat.

2. Apa konsekuensi logis dari diagram identitas gunung es pada peran saya sebagai Guru Penggerak dalam transformasi pendidikan?

      Jawab :

Sebagai Guru Penggerak, memahami konsekuensi logis dari diagram identitas gunung es adalah langkah penting dalam memahami peran kita dalam transformasi pendidikan.

Mari kita jelajahi lebih lanjut:

  1. Guru sebagai Tukang Kebun:
    • Dalam diagram identitas gunung es, kita melihat bahwa bagian yang terlihat di permukaan hanya sebagian kecil dari keseluruhan gunung es.
    • Konsekuensinya adalah bahwa sebagai guru, kita memiliki peran sebagai "tukang kebun" yang merawat tumbuhnya nilai-nilai kebaikan di dalam diri murid-murid kita.
  2. Mengembangkan Lingkungan Transformasi:
  • Guru Penggerak memiliki kesempatan untuk mengembangkan lingkungan yang mendukung transformasi pendidikan.
  • Ini bisa melibatkan pengembangan lingkungan fisik (ekstrinsik) dan psikis (intrinsik) yang memfasilitasi pertumbuhan karakter dan nilai-nilai positif
  1. Mengajarkan Nilai Positif:
  • Konsekuensi logis lainnya adalah bahwa guru penggerak harus mengajarkan dan membiasakan hal-hal positif kepada siswa.
  • Dengan memperkuat nilai-nilai baik, kita berkontribusi pada transformasi pendidikan yang lebih baik.

Dengan memahami konsekuensi logis ini, kita dapat lebih efektif dalam memperkuat pendidikan yang berpihak pada murid.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline