Setiap kali saya lihat iklan tv/ tvc yg menawarkan produc makanan " Mini Oreo " roti coklat yg dibintangi anak anak dan anak dewasa..
mereka makan roti itu dengan mulut penuh sambil ngomong.. demikian juga dengan yg remaja-nya.. ikutan mulut penuh makanan sambil ngomong..
Saya pikir.. ini iklan segmen nya anak anak.. tapi sajiannya koq ngga mendidik sama sekali.. kalau di Jawa etika nya orang makan itu ya diam mulutnya.. saya pikir ini tidak hanya di jawa - tapi etika orang makan itu diam tidak sambil bicara..
Apa dari produsen itu ga ada filter - kelayakan tvc untuk publik itu layak atau tidak.. mendidik yg bener atau ga.. mestinya sebagai produsen makanan untuk anak anak itu secara moral juga turut bertanggung jawab.. sedikit mengevaluasi apakah tvc itu ada muatan edukasi yg baik untuk konsumen atau tidak.. kalau memang ga pas dengan budaya Indonesia ya jangan dipaksakan untuk beredar disini...
Semoga pemilik tvc ini berkenan merevisi konten, diadaptasi kebudaya Indonesia.. banyak koq konten yg lebih berbudaya untuk mempromosikan makanan.. " datang aja ke panti anak anak sumbang itu mini oreo.. udah pasti dijempoli publik...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H