Lihat ke Halaman Asli

Balqis Nursalimah

Mahasiswa & Host Live

Cultur Shock Kalimat Copywriting Menjadi Penghasilan Mahasiswa

Diperbarui: 24 Juni 2024   09:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

CULTUR SHOCK KALIMAT COPYWRITING MENJADI PENGHASILAN MAHASISWA

Balqis Nursalimah

Email : balqisnursalimah@gmail.com

Program Studi S1 Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang


Mengalami kehidupan menjadi seorang mahasiswa memang menyenangkan, namun saat ini banyak sekali mahasiswa yang mencari penghasilan sampingan dengan menulis berbagai macam konten seperti caption postingan media sosial, artikel, blog, maupun copy iklan. Menulis erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari, akan tetapi, apakah kalian pernah melihat atau mendengarkan iklan? 

Rasanya tidak ada seorang pun luput dari sasaran iklan, kecuali mereka yang mengasingkan diri dari peradaban dan saya yakin orang seperti ini sangat langka. Orang yang tidak suka degan iklan komersial pun akan tetap terpapar oleh iklan-iklan layanan masyarakat yang tidak beertujuan komersal dalam iklan itulah ada kegiatan menulis. 

Hampir setiap hari, mulai dari bangun tidur hingga memejamkan mata lagi, kita bisa menemukan berbagai jenis tulisan. Salah satu tulisan yang paling sering kita baca dan lihat, adalah tulisan berupa iklan atau promosi sebuah produk atau jasa. Rasa-rasanya di mana pun kita berada, tulisan berisi ajakan dan rayuan untuk membeli atau menggunakan sesuatu tidak luput dari pandangan kita.

Dikutip dari jurnalmahasiswa.ac.id bahwasannya internet dalam perkembangan era digital saat ini dapat dikatakan begitu maju sehingga praktis mudah dan efisien di tengah padatnya rutinitas sehari-hari. Dalam sebuah pemasaran melalui online (screen to face) diperlukan adanya strategi komunikasi pemasaran melalui sistem Copywriting. 

Dengan adanya strategi komunikasi pemasaran ini (marketing communication) juga dapat menghindarkan perusahaan dari kerugian promosi yang tidak efektif dan efisien. Begitu juga dengan Copywriting merupakan seni dalam penulisan yang mana bertujuan untuk mendapatkan respon agar meningkatnya minat si pembaca. 

Media dalam Copywriting tidak hanya dalam bentuk tulisan akan tetapi bisa melalui visual gambar dan bentuk video. Sebagai perantaranya yaitu komunikasi pemasaran. Copywriting juga menggunakan media sosial dalam memperkenalkan produk atau jasa di dunia modern, salah satunya dengan memanfaatkan media sebagai alat berpromosi dan untuk menumbuhkan minat konsumen.

Media sosial merupakan salah satu sarana antara pelaku usaha dengan konsumen. Di dalam pemasaran yang dilakukan oleh pemilik (Owner) West Burger ialah dengan melalui media instagram. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline