Lihat ke Halaman Asli

Balqis Alhamid

Mahasiswi Akuntansi

Sosial Media sebagai Jembatan untuk Perkembangan Bisnis Online

Diperbarui: 29 Juni 2021   09:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source : Google Image

Jejaring sosial atau media sosial  adalah wadah untuk kita berkomunikasi dan berbagi informasi kepada orang lain dengan cara yang sangat mudah kapan pun dan dimanapun. Saat ini media sosial  berkembang pesat dengan pengguna lebih dari jutaan orang di seluruh dunia. Media social yang saat ini banyak digunakan antara lain adalah Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp dan masih banyak lagi

Seiring berkembangnya zaman, saat ini media sosial tidak hanya bisa berbalas pesan saja akan tetapi telah dilengkapi oleh banyak fitur terbaru. Sehingga media sosial saat ini dapat digunakan untuk membagikan foto atau video, pesan suara, bahkan file - file dokumen.

Melihat perkembangan jejaring sosial yang semakin berkembang pesat tersebut, kita sebagai seseorang yang hidup di era yang modern ini tentu sangat terbantu terutama dalam hal bisnis. Salah satu manfaat yang bisa kita rasakan adalah efektif dalam waktu dan biaya. 

Sebelum adanya jejaring sosial, hanya untuk hal mengirim dokumen saja kita membutuhkan proses yang cukup panjang tetapi dengan adanya media sosial ini kita bisa di mana saja dan kapan saja untuk mengirimkan dokumen tersebut asal tersedia jaringannya. Tidak menghabiskan banyak waktu dan lebih efisien.

cr dalam memberikan peran untuk kemajuan suatu usaha untuk berkembang lebih pesat dan luas. Dimana dengan adanya bisnis online ini, para pengusaha tidak harus memiliki wujud nyata tempat/toko untuk memulai dan mengembangkan usahanya, namun konsumen dapat berkunjung, memilih dan membeli suatu barang yang ditawarkan oleh penjual melalui jejaring sosial/media sosial yang berbentuk website, link, instagram, ataupun toko online lainnya.

Selain itu, penjual juga dapat melakukan promosi yang lebih mudah, murah dan menarik dengan memanfaatkan semua fitur yang disediakan pada aplikasi-aplikasi media sosial saat ini. Media sosial yang digunakan untuk keperluan bisnis online juga dapat membantu memperluasnya hubungan sosial dan komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli yang cukup banyak dengan lingkup yang luas.

Dengan membuka bisnis online kita tidak hanya mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri semata, namun juga dapat membantu memberikan peluang usaha/pekerjaan bagi orang lain yaitu dengan cara menjadi reseler ataupun droshipper. Dimana reseler ini adalah suatu perusahaan atau seseorang yang melakukan pembelian barang atau jasa untuk dijual kembali demi mencari dan mendapatkan keuntungan dengan persetujuan dan pemenuhan syarat antara produsen dengan reseler. Sedangkan untuk dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu/tanpa perlu melakukan stok barang.

Biasanya, dalam kegiatan bisnis dengan memanfaatkan media sosial para penjual akan melakukan proses pengiriman barangnya dengan menanfaatkan dan menggunakan produk jasa pengiriman yaitu seperti JnT, JNE, Id Express, Si Cepat, dll. Dalam hal ini, para pengirim jasa tersebutlah yang akan memberikan produk/barang pesanan kepada konsumen yang telah membeli barang tersebut. Saat ini, tidak hanya dapat memantau pengiriman barang yang dibeli melalui website saja, tetapi aplikasi yang digunakan untuk bisnis online juga telah menyediakan fitur untuk membantu para konsumen dapat melacak/memantau telah sampai dimana barang yang dipesan itu.

Sungguh besar sekali peran media sosial bagi kita semua untuk mengembangkan bisnis dan potensi diri. Maka dari itu tidak ada lagi alasan untuk tidak bermanfaat, karena dengan kita berdiam diri dirumah dan memanfaatkan media sosial dengan semestinya, maka kita bisa mendapatkan penghasilan dari situ.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline