Lihat ke Halaman Asli

Persaingan Media dalam Pasar Global

Diperbarui: 14 Desember 2018   02:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Globalisasi mengubah dunia, termasuk komposisi media dan teknologi.  Peran televisi dalam konstruksi identitas sosial dan budaya sekarang jauh lebih kompleks daripada di era penyiar nasional tunggal dan ruang publik bersama, yang menjadi ciri khas televisi di sebagian besar negara pada tahun-tahun pascaperang. 

Di Rusia, misalnya, sejak berakhirnya Perang Dingin, televisi global telah membantu mempromosikan budaya konsumerisme Barat. Rahasia keberhasilan televisi Rusia yang diprivatisasi baru, mengatakan laporan UNESCO baru-baru ini, 'adalah campuran dari sinetron Amerika dan Amerika Latin, permainan yang terinspirasi oleh saluran di Barat, acara bincang-bincang dan kadang-kadang buletin berita sensasional '(UNESCO, 1997: 178). 

India adalah salah satu dari sedikit negara non-Barat yang telah membuat kehadiran mereka terasa di pasar budaya global. Sangat signifikan, meskipun sebagian besar diabaikan dalam kesarjanaan internasional dan penulisan jurnalistik pada film, musik populer dan televisi, adalah industri film India 50 miliar rupe India yang berbasis di Mumbai (sebelumnya Bombay), pusat komersial India. Selain produksi dari 'Bollywood', ada pusat-pusat regional yang kuat membuat film dalam bahasa-bahasa utama India lainnya, terutama Tamil, Bangla, Telugu dan Malayalam.

Dalam beberapa bulan penemuan film oleh saudara Lumiere di Perancis pada tahun 1895, film-film diputar di Bombay dan produksi film di India dimulai segera setelah itu, pada tahun 1897. 

Pada tahun 1913, Govind Dhundiraj Phalke, lebih dikenal sebagai Dadasaheb Phalke ( bapak industri film India, di mana penghargaan tertinggi India untuk film berjudul) meluncurkan film panjang lengkap pertama Raja Harishchandra, berdasarkan kehidupan seorang raja mitologi India kuno. Di era diam (1913-31) lebih dari 1.200 film dibuat di India (Rajadhyaksha dan Willemen, 1994).

Pada tahun 1931, India memasuki era suara dan film suara pertama - talkie - adalah Alam Ara Ardeshir Irani. Pada akhir tahun itu, 28 film panjang penuh dalam tiga bahasa dibebaskan - 23 di antaranya dalam bahasa Hindi, empat di Bangla dan satu di Tamil. Sejak itu pertumbuhan film layar lebar luar biasa - dari 84 pada 1932 menjadi 173 pada tahun 1942 menjadi 233 pada tahun 1952 hingga 315 pada tahun 1962 (Rajadhyaksha dan Willemen, 1994). Film-film Hindi mendominasi produksi-produksi ini tetapi ada industri-industri film regional besar lainnya, terutama Tamil, Bangla, Telugu dan Malyalam. 

Pada tahun 1999, India menyombongkan diri sebagai rumah bagi industri film terbesar di dunia, menghasilkan film dengan jumlah tertinggi dibandingkan negara lain. Mengingat ukuran satu miliar penduduk India dan tempat yang dimiliki bioskop di antara aktivitas waktu luang masyarakat, melintasi divisi regional, kelas, gender dan generasi, tetap menjadi bentuk hiburan paling populer.

Namun, dalam hal mendapatkan pendapatan dari ekspor film, India tidak cocok untuk AS - pada tahun 1993, misalnya, Amerika Serikat memperoleh hampir 750 kali pendapatan yang diperoleh India dari ekspor film (Pendakur dan Subramanyam, 1996). 

Salah satu alasan untuk popularitas film India di antara negara-negara berkembang lainnya adalah gaya narasi melodramatis mereka, seringkali alur cerita yang menekankan dikotomi antara yang miskin-murni-dan-hanya vs kaya-urban-dan-tidak adil, diramaikan dengan lagu dan urutan tari ( Dissanayake, 1993). 

Bahkan sebelum India menjadi negara merdeka, film-film dari India diekspor ke negara-negara Asia Tenggara dan Afrika (Barnouw dan Krishnaswamy, 1980). Bahkan, dalam waktu satu tahun sejak peluncuran film-film suara, Motion Picture Society of India (yang pada tahun 1951 menjadi Federasi Film India) didirikan dan film mingguan Hindi Cinema Sansar (Cinema World) telah diluncurkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline