Lihat ke Halaman Asli

Balqies SalsabillaMustofa

Fakultas Ilmu Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

KKM UIN Malang Membantu Kegiatan Posyandu di Desa Srigading

Diperbarui: 21 Januari 2023   17:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKM UIN Malang Membantu Kegiatan Posyandu di Desa Srigading

Mahasiswa KKM Kelompok 87 dan 88 ikut serta dalam Kegiatan posyandu guna membantu dalam pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di desa srigading. Acara tersebut bertempat di Dusun Krajan, Desa Srigading, Kecamatan Lawang. Dalam kegiatan ini terdapat dua golongan yang harus mendapatkan pelayanan yaitu Balita dan Lansia.Posyandu balita juga dilaksanakan di dua tempat yaitu di posyandu krajan satu dan posyandu krajan dua , begitupun dengan lansia di laksanaakan di krajan satu.

Pada hari pertama yaitu Senin,09 januari 2023 posyandu balita dilaksanakan di krajan satu dengan mengkhususkan untuk balita dengan umur mulai 0 bulan sampai 5 tahun.orang tua dan balita datang ke posyandu Krajan satu,desa Srigading, dan petugas kesehatan/bidan desa dan mahasiswa yang bertugas(KKM) diharapkan dapat melayani dengan baik Seperti menyapa dan mengarahkan orang tua balita terlebih dahulu untuk mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh petugas posyandu.Pada posyandu tersebut balita harus melewati cek berat badan, tinggi badan hingga suntik imunisasi. "Imunisasi ini berfungsi sebagai kekebalan yang alami sehingga bisa melindungi anak-anak dari penyakit tertentu.Untuk teman-teman dari KKM bisa membantu petugas dengan meminta arahan apa yang harus di bantu ,contohnya seperti,mahasiswa membantu dalam menyatat berat badan dan tinggi badan balita,mengumpulkan buku posyandu,dan memberikan PMT berupa asupan bubur kajang hijau yang disediakan oleh teman-teman KKM. PMT yang di maksud adalah berupa pemberian bantuan bubur kajang hijau yang ditanggung oleh mahasiswa untuk kegiatan posyandu.

KKM UIN Malang Membantu Kegiatan Posyandu di Desa Srigading

Pada hari selanjutnya yaitu hari Selasa,10 januari 2023 dilaksanakan kembali posyandu di krajan dua khusus untuk posyandu Balita.Kegiatan posyandu krajan dua masih sama dengan kegiatan posyan krajan satu yakni untuk balita yang umur 0 bulan  sampai 5 tahun.kegiatan tersebut masih sama peran mahasiswa KKM untuk membantu dalam kegiatan posyandu,PMT berupa bubur kajang Hijau juga masih ditanggung oleh mahasiswa.

KKM UIN Malang Membantu Kegiatan Posyandu di Desa Srigading

Pada hari kamis,12 januari 2023 kembali dilaksanakan posyandu lansia di krajan satu yang ditujukan untuk para warga dengan usia 48 tahun keatas.Tahap pemeriksaan terhadap lansia berupa timbang berat badan,mengukur lingkar perut dan cek tekanan darah. Mahasiswa KKM Kelompok 87 dan 88 dibagi tugasnya dalam membantu kegiatan tersebut,ada yang menyatat dan mengukur.Dalam kegiatan posyandu lansia ini mahasiswa juga menanggung untuk pemberian makanan sehat secara gratis berupa puding Labu.dalam kegiatan posyandu Lansia ini sangat diperlukan guna membantu menyadari bahwa lansia sangatlah rentan terkena penyakit.

KKM UIN Malang Membantu Kegiatan Posyandu di Desa Srigading

KKM UIN Malang Membantu Kegiatan Posyandu di Desa Srigading




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline