Lihat ke Halaman Asli

Pusing, Melihat Malang Macet

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pusing, Melihat Malang Macet

Sepanjang jalan Singhasari-Malang terlihat ramai (29/12/2013). Banyaknya kendaraan membuat alur lalu lintas di sepanjang jalan ini menjadi macet. Melihat satatus dan kondisi yang terjadi di kota Malang khususnya, kota yang terletak di Jawa Timur ini terkenal dengan julukan kota Pelajar. Satu hal yang mendapatkan nilai positif dari persepsi masyarakat umumnya yang berada di luar pulau jawa. Selain unggul di bidang pendidikan, kota ini banyak sekali tersedianya lapangan pekerjaan.

Semakin bertambahnya pergantian tahun, kota ini dipenuhi oleh orang-orang yang ingin melanjutkan pendidikannya di kampus ternama yang ada di kota ini. Di sisi lain, tersedianya lapangan kerja yang layak dan memadai membuat orang-orang di dekitar kota ini berdatangan untuk menimba pekerjaan dengan upaya menafkahi keluarganya.

Mulai kemarin, hari-hari liburan panjang telah tiba warga pun berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing. Berbagai elemen masyarakat khususnya yang berada di kota ini pun turut menikmati hari-hari liburan pada akhir tahun dengan merayakannya di tempat-tempat pariwisata yang tersedia di kota pelajar ini. Inilah salah satu fenomena sosial yang sangat menarik, dimana kesibukan yang di lakukan oleh masyarakat berdampak pada masyarakat itu sendiri.

Fenomena pada kali ini berawal dari kesibukan masyarakat setempat yang melakasanakan liburan tahun baru di kampung halaman masing-masing. Suatu hal yang tampak jelas terlihat di jalur utama yang menghubungkan kota Malang dengan perbatasan kota lainnya, jalan tersebut terlihat ramai dengan berbagai jenis kendaraan. Akibatnya jalan mulai penuh dan macet pun tidak bisa di hindarkan.

Berbagai permasalahan sosial yang akhir-akhir ini yang sering terjadi walaupun itu tidak kita rasakan, tentunya terjadi dari dimensi yang sangat beragam, dari permasalahan media, lingkungan, politik, ekomomi dll. Seperti yang terjadi di kota Malang pada akhir-akhir ini, kesibukkan masyarakat untuk menyambut liburan tahun barupun malah berdampak pada aktivitas mereka sendiri. Jalan mulai macet, aktivitas masyarakat pun akan terganggu dengan keadaan ini. Hal ini bukanlah yang membuat kita semakin apatis dengan fenomena sosial yang terjadi pada masyarakat, tetapi hal itu menuntut kita untuk lebih peka dan membuka mata bahwa manusia pada umumnya di tuntut untuk tidak lepas dari keadaan yang terjadi di sekitarnya dan berupaya untuk selalu berfikir positif dalam situasi dan keadaan apapun.



Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline