Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu Altruisme (2)

Diperbarui: 27 Januari 2024   12:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

negel/dokpri

Apa Itu altruisme (2)

Kata empati dan simpati keduanya mengacu pada akar kata Yunani kuno pathos dalam konteks etimologis bahasa Inggris modern (Partridge 1966). Pathos pada gilirannya berarti menderita dalam arti bertahan, menjalani, atau terkena dampaknya. Satu penyebutan dalam Aristotle dalam bahasa Yunani asli empati muncul dalam On Dreams karya Aristotle di mana si pengecut mengalami ketakutan yang luar biasa saat membayangkan bahwa dia melihat musuhnya mendekat. Dalam bahasa Yunani aslinya, referensi terhadap empati hanya sedikit dan terbatas, umumnya berarti dalam keadaan emosi yang intens, emosi yang penuh gairah, atau sangat terpengaruh oleh, yang memiliki arti yang sangat berbeda dibandingkan saat ini.

Perbedaan antara empati dan simpati dalam konteks etika merupakan suatu hal yang dinamis dan menantang. Teks abad kedelapan belas karya David Hume dan Adam Smith menggunakan kata simpati, bukan empati, meskipun perbedaan konseptual yang ditandai dengan empati berperan penting dalam tulisan mereka. Setelah membahas penggunaan awal istilah-istilah tersebut, artikel ini disusun secara historis. Ada dua tradisi yang dibedakan. Yang pertama adalah tradisi Anglo-Amerika, dan meluas dari Hume dan Smith hingga karya Michael Slote pada abad kedua puluh satu. Kontribusi Stephen Darwall diterapkan dalam melibatkan Hume dan Smith. Terakhir, keterkaitan empati, simpati, dan altruisme dieksplorasi dalam karya John Rawls dan Thomas Nagel. 

 Tradisi kedua adalah tradisi Kontinental. Mulai dari spiritualitas Johann Herder hingga gerakan fenomenologis Edmund Husserl, Martin Heidegger, Max Scheler, dan Edith Stein. Analisis empati yang disengaja secara langsung relevan dengan konstitusi komunitas sosial dalam hubungan normatif yang luas dengan Yang Lain. Empati ( Einfhlung ) adalah sui generis tindakan (mental) yang disengaja yang dimulai dalam superstruktur intersubjektivitas di Husserl dan terus bermigrasi menuju fondasi komunitas di bawah pengaruh Heidegger, Scheler, dan Stein.

Pilihan filsuf dan pemikir mana yang akan diikutsertakan juga ditentukan oleh fakta-fakta yang kemungkinan besar akan ditemui oleh mereka yang terpilih dalam perdebatan kontemporer mengenai empati, simpati, dan etika.

Stein, Husserl, dan Heidegger pada dasarnya bersifat epistemologis, ontologis, dan pasca-onto-teologis, dan berada di latar belakang setiap keterlibatan formal kontemporer dengan teori-teori etika, yang merupakan fokus artikel ini. Scheler mengalihkan intuisi fenomenologisnya tentang esensi ( wesenschau ) ke arah sentimen moral; dan analisisnya tentang keragaman bentuk simpati merupakan kontribusi jangka panjang terhadap topik ini. Pemikir Kontinental kontemporer seperti Larry Hatab dan Frederick Olafson mengasosiasikan empati dengan Heideggerian Mitsein dan Mitdasein (berada di dunia bersama orang lain) sebagai landasan etika eksistensial). Peran Friedrich Nietzsche, Holocaust, dan Yang Lain, khususnya dalam Emmanuel Levinas, merupakan ciri khas pendekatan etis di Benua Eropa. Artikel diakhiri dengan diskusi tentang bagaimana disiplin psikoanalisis berkontribusi terhadap peran empati.

Pada pendekatan Nagel, alasan apa pun untuk bertindak harus bersifat universal berdasarkan definisinya yang mensyaratkan  suatu alasan harus valid untuk agen rasional mana pun. Lebih tepatnya, Nagel berasumsi  suatu alasan adalah 'predikat' R yang 'berlaku pada suatu tindakan, peristiwa, atau keadaan' A. Kita dapat mengatakan  setiap alasan adalah predikat R sehingga untuk semua orang p dan kejadian A, jika R benar untuk A, maka p mempunyai alasan prima facie untuk mempromosikan A (Nagel 1970). Meskipun 'suatu tindakan, peristiwa, atau keadaan' tampaknya merupakan objek alami, tidak sepenuhnya jelas apakah 'predikat' R harus dianggap mengacu pada kualitas alami atau tidak. Nagel tidak sepenuhnya jelas mengenai hakikat alasan: apakah alasan tersebut dikonstruksi oleh agen atau ditemukan oleh mereka di dunia luar. Sebaliknya, ia memperkenalkan dan menguraikan secara rinci pembedaan alasan-alasan tindakan berdasarkan rumusan 'predikat'.

Perbedaan antara alasan-alasan 'subjektif' dan 'objektif' dalam tindakan itulah yang menjadi syarat pelengkap untuk mendasarkan moralitas pada alasan praktis dalam The Possibility of Altruism. Suatu alasan bersifat 'subjektif' jika rumusannya mengandung 'variabel agen bebas' yang tidak dapat direduksi (mengacu pada orang yang bertindak); jika tidak, alasannya adalah 'objektif'.

Alasan 'objektif' mengharuskan kita semua untuk mengedepankan hal yang sama. Dengan menggunakan analisis sebelumnya tentang alasan kehati-hatian dan filosofi Wittgenstein di kemudian hari, Nagel berpendapat  kita tidak dapat menerima alasan subjektif semata atas suatu tindakan kecuali kita adalah 'solipsis praktis'. Konsekuensinya, segera setelah kita menerima 'konsepsi tentang diri sendiri sebagai seseorang di antara orang lain', kita akan mengenali dan bertindak semata-mata berdasarkan landasan 'objektif' atau landasan yang dapat dirumuskan kembali ke dalam bentuk obyektifnya. Implikasi moral dari sistem alasan formal (kemungkinan altruisme) ditentukan oleh fakta, sebagai agen rasional, kita mempunyai alasan yang sama untuk bertindak demi kepentingan kita sendiri seperti halnya kepentingan orang lain. Terlebih lagi, mengingat pemahaman internalis tentang alasan tindakan, kita harus memiliki motivasi yang sama untuk melakukan tindakan. Pada tahun 1980-an Nagel membatalkan tuntutan  semua alasan yang sah atas suatu tindakan harus bersifat 'objektif' (Nagel).

Unsur sebenarnya, menurut reinterpretasinya, adalah mencerminkan kecenderungan objektivitas, yang merupakan ciri sudut pandang moral. Kapasitas untuk mengadopsi sudut pandang yang obyektif dan bersifat eksternal bersifat spesifik dan penting dalam pikiran manusia. Kecenderungan ini membenarkan tuntutan bagian moralitas yang impersonal dan formal serta alasan tindakan yang berasal darinya. Dalam terminologi baru Nagel, ada dua macam alasan: 'agen netral' dan 'agen relatif'. Yang terakhir ini tidak hanya berisi alasan-alasan yang berasal dari teori-teori moral deontologis tetapi juga beberapa alasan yang murni 'subjektif' yang berasal dari proyek dan keterlibatan individu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline