Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Platon Simposium Cinta (2)

Diperbarui: 24 Januari 2024   00:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Platon   Simposium Cinta (2)

  • [202] (d) "Tetapi, bagaimanapun juga," kataku, "Cinta itu apa? Apakah itu mematikan?'
  • "Sama sekali tidak."
  • "Lalu apa;"
  • "Seperti contoh yang kami sebutkan sebelumnya, sesuatu antara yang fana dan yang abadi."
  • "Jadi, Diotima, apa?"
  • "Iblis yang hebat, Socrates. Karena tentu saja segala sesuatu yang bersifat setan adalah antara tuhan dan manusia."
  • "Dan apa," kataku, "kemampuan istimewanya?"

"Untuk menafsirkan dan menyampaikan kepada para dewa apa yang berasal dari manusia, dan kepada manusia apa yang berasal dari para dewa: doa dan pengorbanan yang satu, perintah dan balasan dari yang lain. Dan karena berada di tengah-tengah antara keduanya, ia mengisi celah tersebut, sehingga alam semesta menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dibagi-bagi. Melalui kemampuan setan inilah seluruh ramalan dan seni imamat berhubungan dengan pengorbanan, ritual, pengusiran setan, dan secara umum semua jenis pekerjaan sihir dan sihir. 2 [203] Tuhan tidak melakukan kontak dengan manusia. Melalui perantaraan setan ini terjadilah segala komunikasi dan percakapan para dewa dengan manusia, baik pada saat mereka terjaga maupun pada saat mereka tertidur. Siapa pun yang mengetahui hal-hal ini adalah setan laki-laki, 3 siapa pun yang hanya mengetahui hal-hal lain, baik dalam bidang ilmu pengetahuan atau pekerjaan manual, dia vulgar. Jadi, ada banyak sekali jenis setan seperti itu. Salah satunya adalah Eros."

"Siapa ayahnya," saya kemudian bertanya, "dan siapa ibunya?"

(b) 'Ini,' jawabnya, 'membutuhkan lebih banyak waktu untuk memberitahukannya kepada Anda. Tapi aku akan memberitahumu.

"Ketika Aphrodite datang ke dunia, para dewa mempunyai meja, bersama dengan yang lain dan Poros, putra Metis.   Setelah mereka makan, Penia datang, seperti yang diharapkan pada pesta besar, untuk meminta-minta, dan berdiri di sana dekat pintu. Poros kemudian mabuk dengan nektar - belum ada anggur - pergi ke taman Zeus   dan, karena terbebani, jatuh dan tertidur. Penia saat itu, didorong oleh kemiskinannya, menyusun rencana untuk memiliki anak dari Poros. (c) Jadi dia berbaring di sampingnya, dan dia menangkap Eros. Ini jelas mengapa Cupid menjadi pendamping dan pelayan Aphrodite, karena ia dikandung pada hari kelahirannya dan karena pada saat yang sama cinta terhadap keindahan sudah ada dalam dirinya. Dan Venus itu indah.

"Jadi sebagai putra Porus dan Penia, yang merupakan Eros, dia berada dalam situasi berikut: Pertama, dia selalu miskin dan tidak lemah lembut dan cantik, seperti yang dipikirkan banyak orang. (d) Sebaliknya, ia kasar, kotor, bertelanjang kaki, tunawisma; ia selalu berbaring bersujud, tanpa kasur, ia tidur di bawah langit terbuka di tangga dan di pinggir jalan; ia berbagi sifat dengan ibunya, dan selalu mempunyai kesendirian. sebagai teman sekamarnya. Sekali lagi sesuai dengan sifat ayahnya, dia merancang yang baik dan terpilih, dia berani, berisiko, terburu nafsu, pemburu yang buruk, terus-menerus merancang trik, tetapi pada saat yang sama diberkahi dengan nafsu akan pengetahuan tentang kebenaran serta kecerdikan. terus-menerus sepanjang hidupnya, menyukai kebijaksanaan, penggoda yang tajam, pesulap, sofis. 

(e) Dan sifatnya tidak sama dengan yang abadi atau lagi yang fana. Kadang-kadang dalam hari yang sama dia berkembang dan hidup, ketika dia menemukan sarana, kadang-kadang dia mati, tetapi hidup kembali berkat sifat ayahnya. Apa yang diperolehnya setiap saat perlahan-lahan hilang dan hilang. Jadi Cinta tidak pernah sepenuhnya miskin dalam hal harta atau kaya. Dan antara hikmah dan kebodohan dia lagi-lagi berada di tengah-tengah. Dengan kata lain, hal-halnya adalah sebagai berikut: tidak ada tuhan yang menyukai kebijaksanaan, dan tidak ada keinginan untuk menjadi bijaksana   karena memang demikianlah adanya. [204] Begitu pula orang lain, jika ia bijaksana, tidak akan menyukai kebijaksanaan. 

Namun sebaliknya, orang bodoh pun tidak mempunyai keinginan untuk menjadi bijak. Karena inilah tepatnya kebodohan yang tidak dapat ditoleransi, bahwa tanpa menjadi cantik, terhormat, dan berpengetahuan, seseorang tetap puas dengan dirinya sendiri. Oleh karena itu, barangsiapa tidak menganggap dirinya kekurangan sesuatu, maka dia juga tidak menginginkan apa yang dia tidak menyangka kekurangannya."

"Kalau begitu, Diotima, siapakah mereka yang berfilsafat, jika mereka bukan orang bijak atau bodoh?"

(b) 'Sekarang ini,' katanya, 'terlihat bahkan oleh seorang anak kecil: mereka yang berada di antara keduanya. Salah satunya adalah Cupid. Karena kebijaksanaan jelas merupakan salah satu hal yang paling indah, dan Eros adalah cinta terhadap keindahan. Oleh karena itu, Eros adalah seorang filsuf, dan sebagai seorang filsuf ia berada di antara orang bijak dan orang bodoh. Alasannya adalah asal usulnya. Ayahnya bijaksana dan banyak akal, tetapi ibunya tidak bijaksana dan tidak banyak akal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline