Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Teori Jiwa Manusia (10)

Diperbarui: 19 Desember 2023   11:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Teks  buku Republik Dialektika cinta 

Pada teks buku Republik Simposium, Platon memberikan visi yang lebih sistematis tentang perkembangan cinta ini yang berguna untuk ditinjau kembali.  Jalan yang menuntun jiwa dari dunia fisik, dunia penampilan dan opini, ke dunia Ide harus dilakukan menurut perkembangan yang teratur:

Semuanya dimulai dengan cinta pada tubuh yang indah: ini adalah bentuk cinta pertama yang lahir dalam realitas fisik hidup kita: seksualitas. Tubuh indah mempesona mata, membangkitkan hasrat. Itu adalah janji kesenangan. Tidak mengherankan jika hal ini menghasilkan dalam diri kaum muda hasrat eksklusif akan cinta yang penuh kekerasan dari satu orang.

Tahap kedua adalah cinta pada semua tubuh yang indah: cinta tidak lagi ditujukan pada satu tubuh, tetapi pada keindahan bentuk yang bisa kita lihat di seluruh tubuh. Rumusnya mungkin memiliki sesuatu yang paradoks karena melibatkan peralihan dari keindahan satu objek ke keindahan beberapa objek. Namun keindahan pada setiap tubuh adalah satu dan identic. Kecintaan terhadap keindahan fisik dalam segala bentuknya merupakan langkah awal menuju kesatuan gagasan. Ide itu wujud, hakikat, satu dan bukan kelipatan, inilah yang kita temukan identik dengan dirinya melalui keberagaman benda-benda konkrit. Cinta terhadap bentuk-bentuk indah sudah merupakan cinta yang murni dan tidak berwujud, yang tidak lagi membahas realitas duniawi dari wujud tunggal. Cinta akan estetika, bukan lagi cinta penikmat. Namun estetika masih terpesona oleh realitas fisik keindahan; ia hanya bisa mempersepsikannya melalui penggunaan indra. Jiwanya masih lemah, ia belum mampu melakukan abstraksi yang diperlukan untuk merenungkan keindahan dalam dirinya.

Tahap ketiga adalah cinta terhadap jiwa-jiwa yang indah: berpindah dari cinta pada tubuh yang indah ke jiwa yang indah berarti menolak untuk terpesona oleh penampilan. Tubuh yang indah mampu menutupi kebodohan dan keburukan. Sebaliknya, tubuh yang menarik biasa-biasa saja bisa menyembunyikan pria yang terpuji karena kebaikan, kebijaksanaan, dan kecerdasannya. Kualitas batin ini menimbulkan pancaran cahaya yang lebih menarik dibandingkan kesempurnaan fisik saja. Keindahan ini harus dicari dalam keindahan tindakan: dalam kebijaksanaan dan kesederhanaan, penghormatan terhadap ketertiban dan keadilan dalam segala hal. Jiwa yang indah adalah jiwa yang adil, jiwa yang seimbang, baik dalam kehidupannya sendiri   tahu bagaimana mengatur hawa nafsu melalui akal   maupun dalam kehidupan bermasyarakat   ia tahu bagaimana mengenali hukum-hukum yang memungkinkan masyarakat hidup damai dan tenteram. keadilan.

Tahap keempat, melanjutkan kemajuan di jalur abstraksi, adalah kecintaan terhadap sains: dengan tahap baru ini, kita mengakses bentuk yang semakin murni; Sampai saat ini cinta masih mendapat dukungan dari seseorang. Jika seseorang telah berpindah dari tubuh ke jiwa, ia tetaplah seorang lelaki yang dicintainya, tetapi cinta ini telah membangkitkan cinta akan kebijaksanaan, keadilan, ketertiban yang masuk akal, harmoni. Sekarang tinggal mengetahui prinsipnya. Ini tentang beralih dari keindahan tindakan moral dan politik ke kecintaan terhadap keindahan aktivitas intelektual itu sendiri. Bukankah kita sedang membicarakan alasan yang indah: 

Bukankah ada kenikmatan intelektual yang khusus pada pengetahuan, kenikmatan memahami, menyelesaikan kesulitan, membangun demonstrasi yang indah: Ini adalah kenikmatan yang tidak lagi memiliki realitas fisik apa pun, ini adalah kenikmatan keindahan yang sepenuhnya formal, yang menghasilkan kenikmatan yang sama pada pencari dan 'pencinta. Perhatikan   istilah sains bagi Platon tidak mempunyai arti yang persis sama dengan arti istilah itu bagi kita. Sains tidak mempunyai objek realitas material melainkan realitas sejati, Ide: Ide Matematika 'di atas kapal; astronomi, geometri, aritmatika, ini adalah disiplin ilmu kebangkitan yang membiasakan kita mengarahkan pikiran kita ke arah hal-hal di atas; kemudian Ide-ide itu sendiri, yang ilmunya adalah filsafat.

Tahap kelima yang terakhir adalah cinta akan Keindahan itu sendiri, Keindahan yang sifat-sifatnya dapat didefinisikan: ia abadi, tidak dapat diturunkan atau dirusak, tidak dapat diubah, tidak berubah, total, tidak indah di sini dan jelek di sana, itu mutlak, tidak bergantung pada relativitas suatu penilaian, itu adalah satu. Hanya ada satu gagasan tentang Keindahan, ia tidak bersifat materi: ia tidak memiliki tubuh.

Dengan kontemplasi Ide Keindahan, abstraksi dialektika menaik selesai. Jika benar seperti telah kita kemukakan sebelumnya,   hanya gagasan tentang Keindahan yang mempunyai kekhususan yang dilihat sekilas melalui panca indera, maka tidak mungkin benar-benar seperti Ide apa pun, harus direnungkan hanya melalui mata pikiran._apollo

Citasi:  Apollo _

  • Bloom, Allan. The Republic of Plato. (New York: Basic Books, 1968). This translation includes notes and an interpretative essay.
  • Cooper, John M. "The Psychology of Justice in Plato" in Kraut, Richard (ed.) Plato's Republic: Critical Essays (New York: Rowman and Littlefield, 1997).
  • Ferrari, G.R.F. (ed.), Griffith, Tom (trans.). Plato. The Republic. (Cambridge: Cambridge University Press, 2000). This translation includes an introduction. 
  • Ferrari, G.R.F., "The Three-Part Soul", in Ferrari, G.R.F. The Cambridge Companion to Plato's Republic. (Cambridge: Cambridge University Press, 2007).
  • White, Nicholas P. A Companion to Plato's Republic (Indianapolis: Hackett, 1979).
  • Williams, Bernard. "The Analogy of City and Soul in Plato's Republic", in Kraut, Richard (ed.). Plato's Republic: Critical Essays (New York: Rowman and Littlefield, 1997).



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline