Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Latihan Moksha

Diperbarui: 8 November 2023   21:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri/Samsara

Latihan Moksha  atau Moksa

Agama adalah kebutuhan terbesar dari sifat manusia. Sama seperti tubuh membutuhkan makanan untuk mempertahankan dirinya dan pengetahuan tentang roh untuk berkembang, jiwa membutuhkan pengalaman mistik-filosofis-religius untuk kemajuannya. Dalam analisis singkat ini, akan dibahas agama Hindu, salah satu agama leluhur terbesar, yang berasal dari kaki pegunungan Himalaya, India, lebih dari 10.000 tahun yang lalu atau lebih, dan analisis singkat akan dibuat berdasarkan tradisi filosofis-spiritual yang sangat kaya yang mendasarinya, mempengaruhi dan terus mempengaruhi iman umat manusia secara mendalam.

Proses reinkarnasi bagi umat Hindu, pada saat kematian, roh dipisahkan dari tubuh dan bereinkarnasi menjadi makhluk lain. Melalui proses reinkarnasi , makhluk memiliki pengalaman yang memungkinkannya belajar dan berkembang secara spiritual. Tubuh kemudian hanya menjadi selubung materi sementara. 

Menurut Bhagavad Gita , Jiwa yang berinkarnasi membuang tubuh lamanya dan mengenakan tubuh baru, seperti seseorang menukar pakaian usang dengan yang baru . Oleh karena itu, jiwa berpindah dari kehidupan ke kehidupan: Karena kematian adalah pasti bagi yang dilahirkan, dan kelahiran adalah pasti bagi yang mati. Bhagavad-Gita 11, 27. Reinkarnasi adalah salah satu kepercayaan utama agama Hindu. Kemungkinan besar, dari agama inilah gagasan reinkarnasi berasal. Siklus reinkarnasi atau Samsara menghukum jiwa untuk bereinkarnasi sampai mereka memperoleh moksha : pembebasan atau pembebasan dari siklus kelahiran kembali dan kehidupan berturut-turut yang menyakitkan.

Proses reinkarnasi. Bagi umat Hindu, pada saat kematian, roh dipisahkan dari tubuh dan bereinkarnasi menjadi makhluk lain. Melalui proses reinkarnasi , makhluk memiliki pengalaman yang memungkinkannya belajar dan berkembang secara spiritual. Tubuh kemudian hanya menjadi selubung materi sementara.

Menurut Bhagavad-Gita , Jiwa yang berinkarnasi membuang tubuh lamanya dan mengenakan tubuh baru, seperti seseorang menukar pakaian usang dengan yang baru. Oleh karena itu, jiwa berpindah dari kehidupan ke kehidupan:
Karena kematian adalah pasti bagi yang dilahirkan, dan kelahiran adalah pasti bagi yang mati. Bhagavad Gita 11, 27 . Reinkarnasi adalah salah satu kepercayaan utama agama Hindu. Kemungkinan besar, dari agama inilah gagasan reinkarnasi berasal.
Siklus reinkarnasi atau Sasara menghukum jiwa untuk bereinkarnasi sampai mereka memperoleh moksha : pembebasan atau pembebasan dari siklus kelahiran kembali dan kehidupan berturut-turut yang menyakitkan.

Karma (kata yang berarti tindakan, pekerjaan, laku, perbuatan) adalah jumlah tindakan baik dan buruk yang menentukan kondisi kelahiran kembali dan  situasi individu dalam masyarakat saat ini. Jika karma telah mengumpulkan terlalu banyak perbuatan buruk, jiwa masuk neraka, Naraka , tempat penyiksaan, ujian dan penebusan untuk mendapatkan reinkarnasi. Bagi jiwa yang paling buruk sekalipun yang dianggap jahat, reinkarnasi masih ditawarkan kepada mereka tetapi dalam makhluk yang lebih rendah, binatang atau manusia yang hidup dalam kondisi yang sangat sulit. Akhirnya, bagi jiwa-jiwa yang paling gelap, mereka dikutuk selamanya di Naraka.

Moksha atau Moksa. Di sisi lain, jiwa atau atman  yang karmanya telah mengumpulkan banyak tindakan indah, pada akhir evolusi spiritualnya, akan mampu mencapai pembebasan atau Moksha. Memperoleh pembebasan menurut para Sage merupakan keadaan yang tidak dapat digambarkan. Keadaan ini akan menjadi satu-satunya hal yang patut diinginkan. Ini akan sesuai dengan keadaan kebahagiaan sempurna, melampaui dualitas: suka dan duka, suatu keadaan di mana tidak ada keinginan yang tersisa. Oleh karena itu, bagi jiwa yang telah mencapai tujuannya, keadaannya stabil dan pasti. Bagi beberapa aliran, itu adalah peleburan dengan Tuhan, bagi yang lain kesadaran akan Kesatuan di mana tidak ada lagi dualitas.

 Dia yang telah mengenal moksha hidup dalam kebahagiaan terus-menerus, tidak lagi memiliki gagasan tentang aku atau  milikku, tidak lagi mengingat kesenangan masa lalu, tidak khawatir tentang masa depan dan menjalani masa kini dalam ketidakpedulian. Menghadapi situasi menyenangkan dan tidak menyenangkan, ia tidak lagi terpengaruh, bahkan tidak lagi merasa khawatir.

Dharma Kasta. Dokrin agama Hindu, masyarakat terbagi menjadi kasta-kasta yang tidak dapat dilewati . Dharma, hukum moral dan agama, memerintahkan setiap orang untuk menjalankan kewajiban kasta dan menghormati para dewa. Berkat tindakan bermanfaat inilah dia dapat mengharapkan reinkarnasi yang lebih baik, atau membebaskan dirinya dari siklus Samsara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline