Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Popper, dan Simmelweiss: Deduktif Hipotesis

Diperbarui: 5 November 2023   21:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Popper Dan Semmelweiss:  Deduktif Hipotetis

Pada awal tahun 1960-an, penelitian sosiologi dicirikan dengan membangun hipotesis dan teori tanpa dasar empiris yang nyata. Barney Glaser, ahli statistik di Universitas Columbia, bersikap kritis dan menyebut ini "teori tidak berdasar". Pada pertengahan 1960-an, Glaser mulai bekerja dengan Anselm Strauss, peneliti metode kualitatif di Universitas Chicago. Bersama-sama mereka membuat proyek tentang masalah kematian ( Awareness of Dying, 1967). Selama bekerja, mereka mengembangkan metode yang diterbitkan pada tahun 1967 dalam buku The Discovery of Grounded Theory. 

Ide utamanya adalah   teori yang dihasilkan harus didasarkan pada data yang dikumpulkan, bukan pada teori yang telah ditentukan sebelumnya. Teori dasar adalah tentang apa yang terjadi dalam hubungan antar manusia. Selama tahun 1980an dan 1990an, Grounded theory menjadi sangat penting, antara lain, dalam ilmu kesehatan masyarakat dan penelitian nilai. Teori dasar adalah metode empiris-holistik di mana menjelaskan langkah demi langkah cara membuat hipotesis baru berdasarkan data mentah. Teori dasar terutama menggunakan induksi sebagai metodenya.
Dalam perspektif dunia kehidupan, telah terjadi perkembangan teoretis ilmiah dengan konsep-konsep baru seperti dunia kehidupan, pemahaman, dan lain-lain. Grounded theory tidak menambahkan konsep-konsep teoretis ilmiah baru seperti yang dilakukan oleh perkembangan fenomenologi atau hermeneutika, melainkan lebih merupakan metode praktis yang sering digunakan dan dikembangkan dengan baik. Rasionalis berangkat dari sejumlah premis imajiner. Dari asumsi-asumsi tersebut (tanpa observasi terhadap realitas) ditarik kesimpulan pemikiran baru. Ini disebut deduksi. Kesimpulannya dapat berupa prediksi bagaimana bagian dari realitas akan berperilaku. Masalah muncul jika kenyataan tampaknya tidak berjalan sesuai harapan.

Seorang rasionalis yang blak-blakan kemudian dapat mengklaim   hal tersebut terjadi karena kita telah melakukan pengukuran yang salah atau karena kita belum mempunyai metode untuk dapat memverifikasi hipotesis tersebut (bandingkan Einstein dan beberapa dekade sebelum teorinya dapat dibuktikan dengan eksperimen).

Seorang empiris dalam situasi yang sama akan menolak hipotesis tersebut dan kemudian membuat hipotesis baru. Hipotesis baru ini kemudian akan diuji terhadap kenyataan. Kaum empiris kemudian akan bergantian antara penalaran teoritis dan studi tentang realitas. Cara kerja seperti ini disebut deduktif hipotetis . Penganut empiris lainnya tidak akan menguji hipotesis terhadap kenyataan.

Mereka malah akan mendekati kenyataan tanpa asumsi untuk melihat teori mana yang tumbuh dari pengamatan terhadap kenyataan. Cara kerja seperti ini disebut induksi . Hermeneutika, fenomenologi, dan grounded theory merupakan pendekatan penelitian empiris-holistik yang semuanya bersifat empiris dan menggunakan induksi untuk menghasilkan pengetahuan baru.

Penelitian empiris-atomistik (positivis) biasanya menggunakan metode kerja hipotetis-deduktif. Penelitian empiris-holistik (kualitatif) biasanya menggunakan metode kerja induktif. Kaum rasionalis ekstrem tidak peduli dengan apa yang dapat kita pelajari dari pengalaman kita, dan kaum empiris ekstrem tidak mempertimbangkan nilai spekulasi teoretis. Kesimpulan yang murni deduktif selalu valid jika logis. Kesimpulannya tidak harus benar hanya karena logis. Suatu kesimpulan yang diambil secara induktif kurang lebih benar, belum tentu seratus persen benar.

Filsuf Karl Popper (1902-1994), lahir di Austria dari orang tua keturunan Yahudi, pertama kali aktif sebagai filsuf di Jerman, di mana ia menerima gelar doktor dalam bidang filsafat pada tahun 1928. Kemudian ia bekerja sebagai guru tetapi sebelum ancaman dari Aneksasi Nazi Jerman atas Austria Popper pindah pada tahun 1937;  Karena berasal dari Yahudi ia meninggalkan Jerman dan pindah ke Selandia Baru. 

Buku pertamanya, Logik der Forschung (1934; The Logic of Scientific Discovery ), diterbitkan oleh Lingkaran positivis logis Wina,   Popper menolak empirisme induktif dan historisisme perkembangan mereka. Setelah mempelajari matematika, fisika,   dan psikologi di Universitas Wina,   Popper mengajar filsafat di Canterbury University College, Selandia Baru (1937/1945). Pada tahun 1945 ia menjadi pembaca logika di London School of Economics,   dan    menjabat sebagai profesor logika danmetode ilmiah dari tahun 1949 hingga pensiun pada tahun 1969.

Kontribusi utama Popper terhadap filsafat ilmu terletak pada penolakannya terhadap filsafat ilmu pengetahuanmetode induktif dalam ilmu empiris . Menurut pandangan tradisional ini, hipotesis ilmiah dapat diuji dan diverifikasi dengan memperoleh hasil berulang dari pengamatan yang mendukung . Sebagai seorang empiris SkotlandiaNamun David Hume telah menunjukkan   hanya sejumlah hasil konfirmasi yang dapat membuktikan   teori tersebut benar. Popper berpendapat sebaliknya   hipotesis divalidasi secara deduktif oleh apa yang disebutnya "kriteria pemalsuan ."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline