Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Strukturalisme dan Poststrukturalisme

Diperbarui: 30 Oktober 2023   15:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Strukturalisme" dan "Poststrukturalisme./

Pasca-strukturalisme mengacu pada perkembangan intelektual dalam filsafat kontinental dan teori kritis yang merupakan hasil filsafat Perancisabad ke-20. Awalan "post" mengacu pada fakta bahwa banyak kontributor seperti Jacques Derrida, Michel Foucault , dan Julia Kristeva adalah mantan strukturalis yang, setelah meninggalkan strukturalisme, menjadi sangat kritis terhadapnya. Berbeda dengan klaim strukturalisme mengenai makna yang independen secara budaya, kaum post-strukturalis biasanya memandang budaya sebagai hal yang tidak dapat dipisahkan dari makna.

Meskipun post-strukturalisme sulit untuk didefinisikan atau diringkas, post-strukturalisme dapat dipahami secara luas sebagai serangkaian reaksi berbeda terhadap strukturalisme . Ada dua alasan utama atas kesulitan ini. Pertama, teori ini menolak definisi yang mengklaim telah menemukan 'kebenaran' atau fakta absolut tentang dunia.  ] Kedua, sangat sedikit orang yang bersedia menerima label 'pasca-strukturalis'; sebaliknya, mereka diberi label seperti itu oleh orang lain. Oleh karena itu belum ada seorang pun yang merasa terdorong untuk mengkonstruksi 'manifesto' pasca-strukturalisme.   Dengan demikian, sifat sebenarnya dari pasca-strukturalisme dan apakah ia dapat dianggap sebagai gerakan filosofis tunggal masih diperdebatkan. Telah ditunjukkan bahwa istilah ini tidak digunakan secara luas di Eropa (di mana sebagian besar teori "pasca-strukturalis" berasal) dan bahwa konsep paradigma teoretis pasca-strukturalis sebagian besar merupakan penemuan para akademisi di Amerika.

Teori sastra Marxis cenderung berfokus pada representasi konflik kelas serta penguatan perbedaan kelas melalui media sastra. Para ahli teori Marxis menggunakan teknik tradisional dalam analisis sastra namun menempatkan perhatian estetis pada makna sosial dan politik akhir dari sastra. Ahli teori Marxis sering kali memperjuangkan penulis yang bersimpati kepada kelas pekerja dan penulis yang karyanya menantang kesetaraan ekonomi yang terdapat dalam masyarakat kapitalis. Sesuai dengan semangat totalisasi Marxisme, teori-teori sastra yang muncul dari paradigma Marxis tidak hanya mencari cara-cara baru untuk memahami hubungan antara produksi ekonomi dan sastra, namun  seluruh produksi budaya. Analisis Marxis terhadap masyarakat dan sejarah mempunyai pengaruh besar terhadap teori sastra dan kritik praktis, terutama dalam perkembangan "Historisisme Baru" dan "Materialisme Budaya".

Para penganut paham post-strukturalis berpendapat bahwa konsep “diri” sebagai sebuah entitas yang tunggal dan koheren adalah sebuah konstruksi fiktif. Sebaliknya, seorang individu terdiri dari ketegangan dan klaim pengetahuan yang saling bertentangan (misalnya gender, kelas, profesi, dll.). Oleh karena itu, untuk mempelajari sebuah teks dengan benar, seorang pembaca harus memahami bagaimana karya tersebut berhubungan dengan konsep diri pribadinya. Persepsi diri ini memainkan peran penting dalam interpretasi seseorang terhadap makna. Meskipun pandangan para pemikir mengenai diri (atau subjek) berbeda-beda, sering kali dikatakan bahwa pandangan tersebut dibentuk oleh wacana. Penjelasan Lacan mencakup dimensi psikoanalitik , sementara Foucault menekankan efek kekuasaan pada diri.

Makna yang dimaksudkan penulis adalah makna sekunder dibandingkan makna yang dirasakan pembaca. Pasca-strukturalisme menolak gagasan bahwa teks sastra mempunyai tujuan tunggal, makna tunggal, atau keberadaan tunggal. Sebaliknya, setiap pembaca menciptakan tujuan, makna, dan keberadaan yang baru dan individual untuk sebuah teks tertentu. Untuk keluar dari teori sastra, posisi ini dapat digeneralisasikan pada situasi apa pun di mana subjek merasakan suatu tanda. Makna (atau petanda, dalam skema Saussure , yang banyak diasumsikan dalam post-strukturalisme seperti dalam strukturalisme) dikonstruksi oleh individu dari suatu penanda. Inilah sebabnya mengapa petanda dikatakan 'meluncur' di bawah penanda, dan menjelaskan pembicaraan tentang 'keutamaan penanda'.

Seorang kritikus poststrukturalis harus mampu memanfaatkan berbagai perspektif untuk menciptakan penafsiran yang multifaset terhadap suatu teks, meskipun penafsiran tersebut bertentangan satu sama lain. Penting untuk menganalisis bagaimana makna sebuah teks berubah sehubungan dengan variabel tertentu, yang biasanya melibatkan identitas pembaca;

Ahli teori Hongaria Georg Lukacs berkontribusi pada pemahaman tentang hubungan antara materialisme sejarah dan bentuk sastra, khususnya dengan realisme dan novel sejarah. Walter Benjamin membuat terobosan baru dalam karyanya dalam studinya tentang estetika dan reproduksi karya seni. Para filsuf Mazhab Frankfurt, termasuk yang paling terkenal adalah Max Horkheimer, Theodor Adorno, dan Herbert Marcuse setelah emigrasi mereka ke Amerika Serikat memainkan peran penting dalam memperkenalkan penilaian budaya Marxis ke dalam arus utama kehidupan akademis Amerika. 

Para pemikir ini kemudian dikaitkan dengan apa yang dikenal sebagai "Teori Kritis," yang salah satu komponennya adalah kritik terhadap penggunaan nalar secara instrumental dalam budaya kapitalis maju. "Teori kritis" membedakan antara warisan budaya tinggi Eropa dan budaya massa yang dihasilkan oleh masyarakat kapitalis sebagai instrumen dominasi. "Teori kritis" melihat struktur bentuk budaya massa jazz, film Hollywood, periklanan sebuah replikasi struktur pabrik dan tempat kerja. Kreativitas dan produksi budaya dalam masyarakat kapitalis maju selalu terkooptasi oleh kebutuhan hiburan dari sistem ekonomi yang membutuhkan rangsangan sensorik dan klise yang dapat dikenali serta menekan kecenderungan untuk melakukan musyawarah yang berkelanjutan.

Pengaruh Marxis utama pada teori sastra sejak Mazhab Frankfurt adalah Raymond Williams dan Terry Eagleton di Inggris Raya serta Frank Lentricchia dan Fredric Jameson di Amerika Serikat. Williams dikaitkan dengan gerakan politik Kiri Baru di Inggris Raya dan perkembangan "Materialisme Budaya" dan Gerakan Studi Budaya, yang dimulai pada tahun 1960-an di Pusat Studi Budaya Kontemporer Universitas Birmingham. Eagleton dikenal sebagai ahli teori Marxis dan pemopuler teori melalui ikhtisarnya yang banyak dibaca, Teori Sastra.

 Lentricchia  menjadi berpengaruh melalui penjelasannya tentang tren teori, After the New Criticism . Jameson adalah ahli teori yang lebih beragam, dikenal karena pengaruhnya terhadap teori budaya Marxis dan posisinya sebagai salah satu tokoh terkemuka dalam teori postmodernisme. Karya Jameson mengenai budaya konsumen, arsitektur, film, sastra, dan bidang lainnya, melambangkan runtuhnya batas-batas disiplin ilmu yang terjadi dalam bidang teori budaya Marxis dan postmodern. Karya Jameson menyelidiki bagaimana ciri-ciri struktural kapitalisme akhir---khususnya transformasi seluruh budaya menjadi bentuk komoditas---kini tertanam kuat dalam semua cara kita berkomunikasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline