Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Catatan Pinggir Filsafat (44)

Diperbarui: 25 Oktober 2023   13:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Catatan Pinggir Filsafat

Catatan Pinggir Filsafat (44)

Georg Simmel, Sosiologi Indera" terdapat dalam bab sembilan dari " Sosiologi Besar " yang berjudul "Ruang dan Masyarakat". Versi pertama dari bab ini muncul pada tahun 1903 dengan judul "Sosiologi ruang" dan versi lainnya berjudul "Tentang proyeksi spasial bentuk-bentuk sosial". Pada tahun yang sama Simmel menerbitkan "Kota-kota besar dan kehidupan roh" (Simmel, 1903), dan pada tahun 1907 ia menulis tamasya tentang. Selain yang terakhir, "Penyimpangan terhadap pembatasan sosial" (Simmel) dan "Penyimpangan terhadap orang asing" yang terkenal (Simmel) muncul dalam bab tentang luar angkasa sebagai pewaris warisan Kantian, Simmel tertarik untuk menyelidiki "kondisi koeksistensi" spasial dari bentuk-bentuk sosialisasi.

Hubungan antara persepsi dan ruang bukanlah sesuatu yang terjadi secara kebetulan, seperti yang dikemukakan oleh ahli fenomenologi Perancis Merleau-Ponty (1957) berpuluh-puluh tahun kemudian: "Bagi saya, tubuh saya hanyalah sebuah bagian dari ruang, tidak mungkin ada ruang bagi saya jika ia memilikinya. bukan siapa-siapa." Pergerakan tubuh dalam ruang sangatlah penting, manusia tidak hanya memiliki tubuh tetapi mereka bergerak bersamanya dan dari gerakan ini mereka mempunyai persepsi tertentu tentang dunia, pengalaman kontekstual terhadapnya. 

Meskipun manusia menempati suatu tempat material, mereka bukanlah "objek" dalam ruang fisik, melainkan mereka menghuni dunia, yaitu memberi makna pada dunia tersebut. Oleh karena itu, bagi Simmel, kedekatan dan jarak tidak ada hubungannya dengan ruang fisik tetapi dengan makna yang diberikan pada lingkungan, yang dapat terjadi meskipun ada jarak fisik, atau keasingan dengan segala sesuatu dan kedekatan fisik.

Dengan demikian, bab "Ruang dan Masyarakat" memasukkan "Penyimpangan sosiologi indera", di mana Simmel menganalisis penglihatan, pendengaran, penciuman dan "indera genetik". Di luar tulisan ini, dalam sosiologinya dimungkinkan untuk menyelamatkan sosiologi persepsi yang memiliki potensi teoretis dan metodologis. Tidak hanya dalam perjalanan ini, tetapi secara umum dalam tulisan-tulisan lain dan beberapa penyimpangan dalam Sosiologi: studi tentang bentuk-bentuk sosialisasi dimungkinkan untuk memulihkan sumber daya analitis untuk pemahaman sosiologis tentang persepsi; dari "Penyimpangan Perhiasan" dan "Penyimpangan Komunikasi Tertulis" (1908); "Kota-kota besar dan kehidupan roh" ([1903); "Sosiologi Pangan" (1910); "Makna estetis wajah" (1901); "Filsafat Lanskap" (1913; "Fashion Fashion" (1904); "Pameran Dagang Berlin" (1896), hingga "Estetika Gravitasi" (1901), untuk beberapa nama.

Jenis penalaran sosiologis yang mendasari karya Simmel adalah perspektif relasional. Bagi Simmel, wujud adalah wujud bagi orang lain, terhadap orang lain, di hadapan orang lain atau bersama orang lain. Dalam tulisan-tulisan di atas, kita dapat membedakan dua dimensi analitis untuk studi sosiologis tentang persepsi dari perspektif relasional. Yang pertama mengemukakan bagaimana kondisi material dan sejarah tertentu memungkinkan jenis persepsi tertentu melalui indera. 

Meskipun individulah yang merasakannya, mereka melakukannya berdasarkan kemungkinan kondisi sosial tertentu. Dimensi kedua memperlihatkan dampak-dampak apa yang muncul bukan dari persepsi individu, melainkan dari persepsi bersama antar orang atau "persepsi timbal balik". Kita dapat mengatakan  dari perspektif relasional Simmelian, studi sosiologis tentang indera tubuh tidak terbatas pada apa yang dirasakan orang, melainkan bagaimana perasaan itu memunculkan "bentuk sosial atau bentuk-bentuk hubungan.

Mengenai dimensi pertama, terkait dengan kondisi persepsi sosiohistoris, dapat diapresiasi bagaimana bagi Simmel segala sesuatu yang menyangkut manusia bersifat sosial justru karena "melayani individu tidak dapat bersifat individual" (Simmel). Hal di atas juga berlaku pada tubuh itu sendiri, kemampuan persepsinya, dan bahkan penyakitnya. Dalam ulasannya terhadap buku kedokteran sosial "A review of Social Medicine" (1897), Simmel menyatakan  "jika seseorang ingin mempengaruhi jalannya peristiwa yang alami, pengaruh tersebut harus bersifat sosial, tidak dapat bersifat sosial. ditujukan kepada orang-orang" (1897)."

Kini, sejauh Simmel prihatin dengan transformasi pengalaman dalam modernitas, bukanlah suatu kebetulan jika ia merefleksikan perubahan sosial yang mengorientasikan kembali kemungkinan persepsi dan pengalaman tubuh. Simmel menjelaskan, persoalan persepsi bukan hanya menyangkut individu saja, tapi juga berkaitan dengan koordinat epochal tertentu. Teks kunci dalam hal ini adalah "Kota-kota besar dan kehidupan jiwa" (Simmel, 1903), yang menyatakan  kondisi sosial kota modern berdampak pada tingkat sensorik dan emosional terhadap kehidupan kaum urban. 

Pergerakan barang, benda dan benda di perkotaan mempunyai pengaruh terhadap persepsi percepatan waktu. Dalam Pedagogi Sekolah (Simmel, 1921) ia memulihkan pengamatan ini dan menunjukkan  kondisi sensorik seperti itu mempengaruhi perolehan pengetahuan. Persepsi yang dimiliki oleh pelajar desa dan pelajar kota berbeda-beda, karena "di kota objek-objeknya lebih mudah dipindahkan, artinya objek-objek tersebut tidak dapat diamati secara presisi dan ekstensif dibandingkan objek-objek di pedesaan" (1921).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline