Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Rerangka Pemikiran Atheis Dawkins (4)

Diperbarui: 22 Oktober 2023   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Clinton Richard Dawkins/dokpri

Rerangka Pemikiran Atheis Dawkins (4)

Buku Clinton Richard Dawkins menimbulkan sensasi ketika diterbitkan pada tahun 2006. Dalam beberapa minggu, hal ini menjadi topik yang paling hangat diperdebatkan, dan Dawkins sendiri dicap sebagai orang suci atau pendosa karena menyampaikan bantahannya yang keras dan berapi-api terhadap segala jenis agama. Argumennya sangat topikal. Ketika Eropa menjadi semakin sekuler, kebangkitan fundamentalisme agama, baik di Timur Tengah atau Amerika Tengah, menimbulkan perpecahan pendapat yang dramatis dan berbahaya di seluruh dunia. 

Di Amerika, dan di tempat lain, perselisihan sengit antara 'desain cerdas' dan Darwinisme sangat melemahkan dan membatasi pengajaran sains. Di banyak negara, dogma agama dari abad pertengahan masih menyalahgunakan hak asasi manusia seperti hak perempuan dan hak gay. Dan semua itu berasal dari kepercayaan pada Tuhan yang keberadaannya tidak memiliki bukti apa pun.

Dawkins menyerang Tuhan dalam segala wujudnya. Dawkins menghilangkan argumen-argumen utama yang mendukung agama dan menunjukkan betapa mustahilnya keberadaan Yang Maha Tinggi. Dawkins menunjukkan bagaimana agama menyulut perang, memicu kefanatikan, dan menganiaya anak-anak.  'The God Delusion adalah sebuah polemik yang sangat menarik dan menarik yang wajib dibaca oleh siapa pun yang tertarik dengan subjek paling emosional dan penting ini.

"We are all atheists about most of the gods that humanity has ever believed in" 'The God Delusion, Clinton Richard Dawkins, "Kita semua adalah atheis terhadap sebagian besar tuhan yang pernah diyakini umat manusia".

Kaum fundamentalis membenarkan keyakinan agama mereka dengan bukti-bukti konyol dan logika yang tidak dapat dipertahankan, namun setidaknya mereka mencoba menemukan setidaknya beberapa pembenaran rasional. Sebaliknya, orang-orang yang beriman moderat biasanya membatasi diri pada membuat daftar dampak-dampak bermanfaat dari keyakinan beragama. Mereka tidak mengatakan  mereka percaya kepada Tuhan karena nubuatan alkitabiah telah digenapi; 

Mereka hanya mengaku percaya pada Tuhan karena iman "memberi makna pada hidup mereka". Ketika tsunami menewaskan beberapa ratus ribu orang sehari setelah Natal, kaum fundamentalis dengan cepat menafsirkannya sebagai bukti murka Tuhan. Ternyata Tuhan kembali mengirimkan peringatan samar kepada umat manusia tentang keberdosaan, penyembahan berhala, dan homoseksualitas. Meski mengerikan dari sudut pandang moral, penafsiran seperti itu masuk akal, jika kita berangkat dari premis-premis tertentu (absurd).

Sebaliknya, orang-orang percaya yang moderat menolak menarik kesimpulan dari tindakan Tuhan. Tuhan tetap menjadi rahasia di balik segala rahasia, sumber kenyamanan yang mudah dipadankan dengan kekejaman yang paling mengerikan. Dalam menghadapi bencana seperti yang terjadi di Asia, komunitas agama liberal dengan mudah menoleransi omong kosong yang manis-manis dan mematikan pikiran . Namun, orang-orang yang baik secara alami akan lebih memilih kata-kata hampa seperti itu daripada moralitas dan nubuatan yang menjijikkan dari orang-orang beriman yang sejati. Di antara bencana-bencana, penekanan pada belas kasihan (daripada kemurkaan) tentu saja merupakan manfaat dari teologi liberal. Namun, perlu dicatat  ketika tubuh orang mati yang membengkak ditarik dari laut, kita mengamati belas kasihan manusiawi, bukan belas kasihan ilahi.

Pada hari-hari ketika unsur-unsur tersebut merenggut ribuan anak dari tangan ibu mereka dan menenggelamkan mereka dengan acuh tak acuh ke lautan, kita melihat dengan sangat jelas  teologi liberal adalah ilusi manusia yang paling tidak masuk akal.

Bahkan teologi murka Tuhan lebih masuk akal secara intelektual. Jika tuhan itu ada, kehendaknya bukanlah sebuah misteri. Satu-satunya hal yang menjadi misteri selama peristiwa mengerikan tersebut adalah persiapan jutaan orang yang sehat mental. percaya pada hal yang luar biasa dan menganggapnya sebagai puncak kebijaksanaan moral. Penganut teisme moderat berpendapat  orang yang berakal sehat bisa beriman kepada Tuhan hanya karena keyakinan tersebut membuatnya bahagia, membantunya mengatasi ketakutannya akan kematian, atau memberi makna pada hidupnya.

Absurditasnya menjadi jelas segera setelah kita mengganti konsep "Tuhan" dengan asumsi lain yang menghibur: bayangkan, misalnya, seseorang ingin percaya  di suatu tempat di tamannya terkubur berlian seukuran lemari es. Tanpa ragu, percayalah pada hal yang lucu . Sekarang bayangkan apa yang akan terjadi jika seseorang mengikuti contoh teis moderat dan membela keyakinannya dengan cara berikut: Ketika ditanya mengapa mereka percaya ada berlian terkubur di taman mereka yang ribuan kali lebih besar dari berlian mana pun yang diketahui, mereka menjawab. seperti "iman inilah makna hidupku" , atau "di hari Minggu keluargaku suka mempersenjatai diri dengan sekop dan mencarinya" , atau "Aku tidak ingin hidup di alam semesta tanpa berlian seukuran lemari es di kebunku" .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline