Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Catatan Pinggir Filsafat (25)

Diperbarui: 15 Oktober 2023   00:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri/Giorgio Agamben

Catatan Pinggir Filsafat (25)

Kedaulatan masa kini bertindak dengan menetralkan supremasi hukum atas nama keamanan, yaitu interupsi terhadap hukum dan pemberian hak prerogatif hukum yang memungkinkan negara untuk memperluas kekuasaan pengambilan keputusannya tanpa batas waktu terhadap populasi tertentu yang ditempatkan di luar hukum negara tersebut. Ekstralegalitas kekuasaan berbanding lurus dengan pelaksanaannya yang di luar kemanusiaan. Keadaan pengecualian atau darurat nasional (meskipun secara teknis tidak dinyatakan dalam rezim demokratis) terdiri dari penangguhan hukum dan, akibatnya, status hukum individu tertentu, yang tidak dapat disebutkan namanya dan tidak dapat diklasifikasikan secara hukum. Menurut Giorgio Agamben , Taliban yang ditangkap di Afghanistan merupakan contoh paling jelas dari ketidakpastian ini, karena mereka tidak menikmati kekuasaan Konvensi Jenewa untuk "tawanan perang", atau mereka yang dituduh melakukan kejahatan menurut hukum Amerika Utara.

Baik narapidana maupun terdakwa, namun hanya tahanan, bukanlah objek dominasi de facto murni, penahanan tanpa batas waktu, dan bukan hanya dalam arti sementara namun dalam konteks sifat mereka sendiri" (Giorgio Agamben ). Pengurangan progresif jumlah manusia dalam ruang keamanan semakin meluas ke totalitas sosial, membuat batas antara hidup dan mati, perang dan konflik, musuh dan penjahat, lawan politik dan warga negara menjadi tidak dapat dibedakan. Semua individu mempunyai potensi bahaya dan, karena alasan logis yang sama, semua orang mempunyai kerentanan yang berbeda-beda terhadap kekuasaan.

"Jika kehidupan yang telanjang, kehidupan yang dipahami sebagai fungsi biologis belaka, menjadi suatu kondisi yang dapat direduksi, kita dapat menemukan universalitas tertentu dalam kondisi ini. Kita semua berpotensi terkena kondisi ini" (Judith Butler). Pemahaman ini, meskipun baru dan meresahkan, namun tidak menjelaskan, dan dalam kata-kata Judith Butler, bagaimana kekuasaan berdaulat yang menargetkan populasi tertentu bekerja.

Dengan kata yang lebih spesifik: bagaimana kekuasaan bertindak terhadap segmen individu yang berada di bawah kendali keamanan, mengatur mereka, dan menghilangkan nilai kemanusiaan mereka? Apa saja bentuk normalisasi keamanan? Pertanyaan-pertanyaan ini melengkapi refleksi filsuf Amerika Utara tentang Giorgio Agamben , mengenai deflasi kehidupan yang dikualifikasikan sebagai kehidupan telanjang dalam bentuk politik kontemporer. Sama seperti kekuatan modern yang menentukan tingkat ancaman, musuh publik dan cara netralisasinya berdasarkan hukum perang, kedaulatan saat ini menentukan bahayanya suatu populasi, nilai atau nilai kehidupan dan bentuk-bentuk ekstralegal.

Munculnya kekuasaan berdaulat dalam pemerintahan menghapuskan perbedaan klasik antara musuh, penjahat, dan warga negara, serta memperluas tingkat risiko ke kategori individu lain yang tidak dapat diintegrasikan ke dalam sistem politik. Ancamannya total, begitu pula penolakannya.

Kebingungan ini, pada gilirannya, melambangkan konsepsi sempit tentang apa itu manusia, yang menetapkan dengan sifat absolut siapa yang diperhitungkan dan tidak diperhitungkan sebagai bagian dari komunitas manusia. Dengan demikian, dehumanisasi pada sebagian orang menjadi kondisi kemanusiaan bagi sebagian lainnya. Sifat absolut mewakili peningkatan kuantitatif dan kualitatif dalam hak prerogatif kekuasaan berdaulat, serta sifat negatifnya terhadap populasi yang berbahaya.

Perluasan intensitas kekuasaan ini menghilangkan kekuatan hidup manusia yang hanya sekedar bertahan hidup, dan menjadikannya objek definitif dari keputusan kedaulatan. Rumusan lama dalam pengambilan keputusan modern, auctoritas, non veritas facit legem, masih kekinian namun mengancam kehidupan masyarakat.

Jika seseorang atau kelompok dianggap berbahaya, dan tidak perlu membuktikan tindakan berbahaya apa pun untuk membuktikan kebenaran fakta ini, maka Negara menjadikan populasi yang ditahan itu berbahaya, dan secara sepihak mencabut perlindungan hukumnya" (Judith Butler).

Bagaimana kekuasaan mengidentifikasi kelompok individu berbahaya tersebut ? Apa saja indeks yang menentukan risiko suatu populasi tertentu? Bagaimana negara berdaulat menghadapi bahaya ini? Masyarakat meresmikan mode manajemen politik lainnya, yang kini menggunakan statistik administratif untuk menghitung, memprediksi, menghindari, dan mengatur kategori subjek "berbahaya" tertentu melalui tindakan penonaktifan atau pengendalian tertentu, tidak akan bergantung pada ancaman individu tertentu, melainkan pada ancaman individu tertentu. tingkat risiko keseluruhan kelompok tempat mereka tinggal dan memupuk hubungan mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline