Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Catatan Pinggir Filsafat (1)

Diperbarui: 13 Oktober 2023   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Catatan Pinggir Filsafat (1)

Socrates dan Pascal sangat mutakhir, meskipun hanya sedikit yang menyadarinya, karena kita mungkin belum pernah melihat pengabaian seperti itu dalam mencari jati diri manusia yang sebenarnya. Penelitian berorientasi pada apa yang menyatukan kita dengan hewan, pada saat yang sama semua kekaguman diarahkan pada ilmu pengetahuan alam; manusia membual tentang penemuannya sampai melupakan kesengsaraannya. Ilmu-ilmu ini selalu mengoreksi diri, memperbaiki diri, dan dengan setiap perbaikan, jurang misteri baru terbuka. Akan selalu seperti ini, karena kita tidak mengetahui segalanya, karena Sang Pencipta adalah Tritunggal dan Satu; 

Mereka ingin menyerahkan karya-Nya pada penemuan khas jiwa manusia, pada matematika, pada sistem kuantitas yang logis. Angka tidak bersifat alami, ia menghindari kuantitas; tidak ada dua daun yang serupa pada pohon yang sama, karena di dadanya terdapat satu daun yang serupa dengan kesadaran manusia, tidak dapat dijelaskan dan tidak dapat diukur. Mereka menggunakan angka-angka dalam kombinasi yang lebih halus untuk mendekati fenomena, dengan tujuan bertindak berdasarkan alam: sejauh ini, sangat bagus. Tuhan memberikan kuasa ini pertama-tama kepada orang Kristen sebagai warisan, dan pertama-tama sebagai izin untuk bergerak dengan mudah melintasi ruang dan waktu, dan menginjili ke seluruh dunia. Namun kelupaan mempelajari manusia membuat mereka tidak mampu menggunakan secara benar penemuan-penemuan yang sangat cerdik dan menyenangkan ini bagi roh.

Masyarakat merendahkan dirinya menjadi hewani murni, sambil memperoleh kekuasaan yang sangat besar atas alam. Korupsi kaum muda, yang menyerah pada pesta pora seperti anjing (setidaknya, mereka mempunyai naluri yang hanya menggairahkan mereka pada waktu-waktu tertentu dalam setahun), dan korupsi kaum dewasa, yang menginginkan pembebasan aborsi, menjadi saksi akan momen ini. Kejahatan semacam ini berujung pada kematian peradaban yang melakukan kejahatan tersebut.

Inilah yang menyebabkan kesombongan dan kelupaan terhadap hukum alam, yang sejauh mana dan karakternya telah dicari oleh semua masyarakat melalui semangat terbaik mereka. Akal budi yang murni dapat mencapai hukum ini, meskipun kasih karunia diperlukan untuk menyempurnakannya dan mencerahkan manusia mengenai apa tujuan akhirnya. Socrates mengetahui hukum alam hanya melalui akal. Dia mengetahui apa yang malaikat baiknya sampaikan. Gereja mengakui bahwa Tuhan melakukan mukjizat di dunia kafir untuk mempertahankan kepercayaan kepada Tuhan.

Ilmu pengetahuan yang banyak dibanggakan, meski tidak mampu mempraktekkannya (umumnya ilmuwan lebih rendah hati), sering kali hanya ilusi. Kami mendarat di bulan dengan dipandu oleh hukum Newton. Namun seringkali kita tidak mengetahui apa itu gravitasi. Jiwa perlu merangkul Segalanya untuk memahami hal ini. Apakah dunia ini terbatas atau tidak terbatas? Ketidakterbatasan bukanlah gagasan positif, melainkan negasi dari yang terbatas. Kami tidak dapat memahaminya. Hukum Newton cocok, seperti semua hukum ilmiah, untuk dunia buatan dan terpisah. Newton percaya pada bintang tetap, dan memiliki tabel referensi untuk perhitungan; tapi mereka bisa memperhatikan bahwa bintang-bintang bergerak, bahwa matahari lebih dekat ke bintang lain. Tidak ada lagi tabel referensi yang tetap. Seorang pemuda berusia 24 tahun, Einstein, ingin memecahkan masalah tersebut, dan solusinya adalah hukum relativitas. Jika tidak ada sesuatu pun yang tetap di langit, semua pergerakan adalah relatif satu sama lain. Kalau begitu, kejar mereka!

Tapi Einstein bukan hanya seorang ilmuwan hebat, tapi   berjiwa unggul, seperti yang pernah dia tulis (di akhir karirnya, tanpa diragukan lagi): "Proposisi matematika tidaklah eksak, sejauh proposisi tersebut berhubungan dengan kenyataan; mereka akurat sejauh tidak berhubungan dengan kenyataan. Kecerdasan sempurna subjek ini menjadi lumrah berkat kecenderungan yang dikenal sebagai aksiomatik." Diterjemahkan, makna gagasan, aksioma, dan postulat primitif yang digunakan dalam matematika dianggap sebagai konvensi murni untuk mempersempit batasan fenomena alam semaksimal mungkin. Hal ini luput dari perhatian ilmu pengetahuan kita, yang merupakan cara yang sangat licik untuk mengambil keuntungan dari fenomena tersebut; fenomena seperti itu mempunyai sesuatu yang tidak dapat ditentukan, yang asal usulnya adalah penciptanya, Tritunggal Mahakudus, dan luput dari akal. Oleh karena itu, analogi adalah keinginan akan kesatuan dalam kesamaan, yang bukan merupakan kesamaan yang utuh, bukan pula persamaan atau identitas numerik.

Menurut Pascal, matematikawan termasuk dalam semangat geometri, bukan semangat kemahiran, yang mencakup metafisika dan semua nuansanya. Pengajaran matematika yang baru dan terkini dirancang untuk menghilangkan kecerdasan kaum muda segala kecenderungan terhadap semangat kemahiran. Ajaran kuno tentang aritmatika dasar, aturan tiga, memberikan pelatihan logis dalam mata pelajaran di mana kesalahan tidak mungkin atau mudah diselesaikan. Itu sangat bagus untuk melatih penggunaan nalar yang cermat dalam semangat kemahiran. Ajaran baru ini pasti akan membuat anak-anak menjadi brutal. Penulis reformasi ini tidak mengetahui konsekuensi pedagogisnya, sehingga dia ingin semua anak menggunakan kalkulator saku!

Zaman kuno memberi kita contoh-contoh hebat dan mengesankan tentang inspirasi para seniman dan pemikir. Peran Socrates unik, namun, dibandingkan dengan para penulis tragis, ia tidak mendekati pertanyaan esensial, yaitu bagaimana manusia akan membebaskan dirinya dari dosa. Bukan misinya untuk mengumumkan keselamatan. Namun, ia tak menolak menyerahkan nyawanya sebagai bukti kesetiaannya kepada orang jenius yang telah menasihatinya sejak kecil. Saya sangat dekat dengan kebenaran ketika saya mengatakan bahwa orang jahat itu bodoh. Tapi tidak tahu apa? Apakah pengetahuan alam dihubungkan dengan akal saja? Ya, tidak diragukan lagi, tetapi   tentang kebenaran Wahyu, yang dirasakan secara tragis.

Waktu, masyarakat dan tempat memaksa Aeschylus dan Sophocles untuk menyajikan inspirasi keagamaan mereka dalam balutan mitos pagan. Socrates, yang merasakan mitos sebagaimana kita merasakannya, tidak meninggalkan kita sebuah karya, melainkan kematiannya, misalnya. Dia tidak dapat meragukan tindakan pengaruh luar, karena pengaruh luar sering kali menghalanginya melakukan kehendaknya dan mempersiapkannya menghadapi apa pun yang mungkin terjadi. Semua roh agung pada masa itu mengakui hal ini, dan takjub atas pengorbanan dan keagungan jiwa mereka. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline