Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Cawe-cawe, Apakah Lurah itu Gila Kekuasan (5)

Diperbarui: 2 Oktober 2023   23:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cawe-cawe, Apakah Lurag itu Gila Kekuasan (5)/dokpri

Cawe-cawe, Apakah Lurah itu Gila Kekuasan (5)

Socrates melanjutkan tema dan diskursus untuk membahas demokrasi. Hal ini terjadi ketika yang kaya menjadi terlalu kaya dan yang miskin menjadi terlalu miskin (555c-d). Terlalu banyak kemewahan membuat kaum oligarki menjadi lunak dan kaum miskin memberontak melawan mereka (teks buku Republik 556c-e).

Dalam demokrasi sebagian besar jabatan politik dibagikan melalui undian (557a). Tujuan utama rezim demokratis adalah kebebasan (teks buku Republik 557b-c). Orang-orang akan menduduki jabatan tanpa memiliki pengetahuan yang diperlukan ( teks buku Republik 557e) dan setiap orang diperlakukan setara dalam kemampuan (setara dan tidak setara, 558c). Individu yang demokratis akan mengejar segala macam keinginan jasmani (material) secara berlebihan (teks buku Republik 558d-559d) dan membiarkan nafsunya menguasai jiwanya. Dia muncul ketika pendidikannya yang buruk memungkinkan dia untuk beralih dari menginginkan uang menjadi menginginkan barang-barang jasmani dan materi (teks buku Republik 559d-e).

Pada  dialog-dialog  awal Platon, Socrates membantah keterangan lawan bicaranya dan diskusi berakhir tanpa jawaban yang memuaskan terhadap masalah yang diselidiki. Namun di Republik,  menemukan Socrates mengembangkan posisi tentang keadilan dan hubungannya dengan eudaimonia (kebahagiaan). Dia memberikan argumen yang panjang dan rumit, namun terpadu, dalam membela kehidupan yang adil dan hubungannya yang diperlukan untuk kehidupan bahagia.

Dialog ini mengeksplorasi dua pertanyaan sentral. Pertanyaan pertama adalah "apakah keadilan itu; "Socrates menjawab pertanyaan ini baik dalam kaitannya dengan komunitas politik maupun dalam kaitannya dengan pribadi atau jiwa individu. Hal ini ia lakukan untuk menjawab pertanyaan kedua dan yang paling penting dalam dialog ini: "apakah orang yang adil lebih bahagia daripada orang yang tidak adil; " atau "apa hubungan keadilan dengan kebahagiaan; " Mengingat dua pertanyaan sentral dalam diskusi tersebut, perhatian filosofis Platon dalam dialog tersebut adalah etika dan politik. Untuk menjawab dua pertanyaan ini, Socrates dan lawan bicaranya membangun sebuah kota yang adil dalam pidato, Kallipolis. 

Mereka melakukan ini untuk menjelaskan apa itu keadilan dan kemudian mereka melanjutkan untuk menggambarkan keadilan dengan analogi dalam jiwa manusia. Dalam perjalanannya untuk membela kehidupan yang adil, Socrates mempertimbangkan berbagai macam subjek seperti beberapa teori keadilan yang saling bersaing, pandangan-pandangan yang bersaing tentang kebahagiaan manusia, pendidikan, hakikat dan pentingnya filsafat dan filsuf, pengetahuan, struktur realitas, Bentuk-bentuk., baik buruknya, baik buruknya jiwa, baik buruknya rezim politik, keluarga, peran perempuan dalam masyarakat, peran seni dalam masyarakat, bahkan akhirat.

Pada republik Buku V, Socrates hendak mengembangkan teori ketidakadilannya dengan memperdebatkan contoh-contoh ketidakadilan, ketika Polemarchus dan Adeimantus memintanya untuk melanjutkan pembicaraannya tentang Penjaga. Teks (dalam Buku VIII) Socrates kembali ke contohnya tentang masyarakat yang tidak adil dan manusia yang tidak adil.

Socrates mengambil argumen yang disela dalam Buku V. Glaucon ingat   Socrates akan menjelaskan empat jenis rezim yang tidak adil beserta individu-individunya yang tidak adil (543c-544b). Socrates mengumumkan   dia akan mulai membahas rezim dan individu yang paling sedikit menyimpang dari kota dan individu yang adil dan melanjutkan untuk membahas rezim dan individu yang paling menyimpang (teks buku Republik 545b-c). Penyebab pergantian rezim adalah kurangnya persatuan di antara para penguasa (545d). 

Dengan asumsi   kota yang adil bisa terwujud, Socrates menunjukkan   kota itu pada akhirnya akan berubah karena segala sesuatu yang ada harus membusuk (teks buku Republik 546a-b). Para penguasa pasti membuat kesalahan dalam menugaskan orang-orang pekerjaan yang sesuai dengan kapasitas alami mereka dan setiap kelas akan mulai bercampur dengan orang-orang yang secara alami tidak cocok untuk tugas-tugas yang relevan dengan setiap kelas (546e). Hal ini akan menimbulkan konflik kelas (547a).

Rezim pertama yang menyimpang dari kedudukan raja atau aristokrasi adalah timokrasi, yang menekankan pencarian kehormatan daripada kebijaksanaan dan keadilan (547d dst.). Individu timokratis akan memiliki semangat yang kuat dalam jiwanya dan akan mengejar kehormatan, kekuasaan, dan kesuksesan (549a). Kota ini akan bersifat militeristik. Socrates menjelaskan proses dimana seseorang menjadi timokratis: dia mendengarkan ibunya mengeluh tentang kurangnya minat ayahnya terhadap kehormatan dan kesuksesan (549d). Jiwa individu timokratis berada pada titik tengah antara akal dan ruh.

Oligarki muncul dari timokrasi dan menekankan kekayaan daripada kehormatan (teks buku Republik 550c-e). Socrates membahas bagaimana hal itu muncul dari timokrasi dan karakteristiknya (teks buku Republik 551c-552e): orang akan mengejar kekayaan; pada dasarnya akan ada dua kota, kota dengan penduduk kaya dan kota dengan penduduk miskin; segelintir orang kaya akan takut terhadap banyak orang miskin; orang akan melakukan berbagai pekerjaan secara bersamaan; kota akan mengizinkan orang-orang miskin yang tidak memiliki sarana; itu akan memiliki tingkat kejahatan yang tinggi. Individu oligarki datang dengan melihat ayahnya kehilangan harta benda dan merasa tidak aman ia mulai rakus mengejar kekayaan (teks buku Republik 553a-c). Dengan demikian ia membiarkan bagian nafsunya menjadi bagian yang lebih dominan dalam jiwanya (553c). Jiwa individu oligarkis berada pada titik tengah antara semangat dan nafsu makan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline