Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu Sekolah Partai Politik

Diperbarui: 30 September 2023   22:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Apa Itu Sekolah Partai Politik

Antonio Gramsci (22 Januari 1891 Roma, 27 April 1937) adalah seorang filsuf Italia, ahli teori Marxis, politikus, sosiolog, dan jurnalis. Ia menulis tentang teori politik, sosiologi, antropologi dan linguistik. Dia adalah salah satu pendiri Partai Komunis Italia, yang dibentuk pada tahun 1921, dan kemudian menjadi sekretaris dan salah satu tokoh terkemuka. Dia dipenjarakan di Turi di bawah rezim fasis Benito Mussolinipada tahun 1926. Antonio Gramsci dianggap sebagai salah satu ahli teori Marxisme paling terkemuka atas kontribusi teoretisnya terhadap konsep-konsep seperti hegemoni budaya, blok hegemonik, dan postmodernisme dalam kaitannya dengan masyarakat konsumen;

Berikut ini adalah salah satu karya Antonio Gramsci pada bulan April-Mei 1925, sebagai "Pengantar Kursus Pertama Sekolah Partai," dan ditandatangani "Bagian Agitasi dan Propaganda Partai Komunis"; atau dikenal sebagai Idiologi Masa Partai;

Sepanjang abad ke-20, masalah partai revolusioner merupakan isu sentral dalam gerakan emansipasi, khususnya bagi berbagai aliran yang mengklaim warisan Lenin (walaupun bagi mereka yang menolak perlunya partai tersebut). Jika kembalinya kritik sosial telah menempatkan kembali perlunya pemutusan hubungan dengan kapitalisme dalam agenda, maka "bentuk partai" telah dinyatakan berada dalam krisis, apalagi dalam keadaan kematian klinis, dan perdebatan yang mengaitkan strategi revolusioner dengan pembangunan sebuah pesta telah ditutup tanpa benar-benar menginterogasi kekosongan yang tersisa.

Dalam konteks ini, penyebutan Gramsci mengaku sebagai bagian dari tradisi Leninis telah membuat penjelasannya mengenai partai revolusioner terlupakan, sebuah isu yang tetap penting dalam pemikirannya, dan lebih memilih visi yang reduktif. Gramsci sebagai pemikir hegemoni budaya (dibandingkan dengan Lenin yang konon tidak membahas aspek ini). Pemikiran Gramscian tentang partai inilah yang dimunculkan kembali oleh Yohann Douet dalam artikel ini, sambil membahas masalah-masalah besar dan kemungkinan hambatan yang terkait dengannya, dan menempatkannya dalam perdebatan kontemporer mengenai kebijakan emansipasi.

Dalam Buku Catatan Penjara No. 13, Gramsci menggambarkan Partai Komunis sebagai "Pangeran modern." Seperti Pangeran Machiavelli, tujuannya adalah mendirikan "negara tipe baru. Namun misinya tidak berhenti di situ, dan analoginya terbatas, karena Negara proletar yang sedang didirikan bukanlah tujuan akhir. Sebaliknya, dapat dipahami Negara harus mengakhiri masyarakat kelas dan dengan demikian menghapuskan dirinya sebagai Negara, mengingat setiap Negara terkait dengan konflik kelas. Penghapusan ini harus sejalan, dalam istilah Gramscian, dengan transisi kekuasaan yang pada akhirnya bertumpu pada "paksaan" menuju "masyarakat yang diatur" di mana pemerintahan sendiri akan menjadi aturannya. Akibatnya, kita jauh dari nasihat Machiavellian untuk "mempertahankan Stato". Dengan kata lain, revolusi proletar harus mengarah pada sebuah Negara yang paradoks: Lenin berbicara tentang Negara "non-Negara" atau "semi-Negara".

Partai revolusioner tentu terpengaruh oleh karakter paradoks ini, karena partai ini dipahami mewakili kelas proletariat, sebuah kelas yang kepentingan historisnya adalah mengatasi semua pembagian masyarakat manusia ke dalam kelas-kelas. Oleh karena itu, jika ia menjalankan perannya dengan sempurna, Partai pasti akan bubar. Gramsci menyatakannya secara eksplisit dalam Buku Catatan No. 4: Karena masing-masing partai tidak lebih dari sebuah nomenklatur kelas, jelaslah bagi partai yang mengusulkan untuk membatalkan pembagian kelas, realisasi dan pemenuhan penuh terdiri dari lenyapnya keberadaan, karena tidak akan ada lagi kelas atau, oleh karena itu, ekspresi mereka..

Akhir dari Partai, tujuan utamanya, adalah tujuannya sendiri, lenyapnya Partai. Untuk mencapai tujuan yang paradoks ini, Partai harus menggunakan cara-cara yang tampaknya bertentangan dengan tujuan tersebut. Untuk mendirikan Negara baru, yaitu melakukan revolusi, Partai harus berperang melawan Negara yang sudah ada. Hal ini menyebabkan dia mengadopsi organisasi yang terpusat, disiplin, bahkan militeristik, yang membuatnya semakin dekat dengan apa yang dia perjuangkan. Ia harus menerima apa yang Gramsci anggap sebagai "fakta primordial dan tidak dapat direduksi" yang menjadi dasar ilmu politik dan seni, yaitu pembedaan antara pemimpin dan yang dipimpin, antara penguasa dan yang diperintah.

Namun, di sisi lain, ia justru ingin menghapuskan pembedaan tersebut. Ketegangan antara tujuan yang ingin dicapai dan cara yang digunakan semakin dipertegas sampai pada titik di mana organisasi yang tersentralisasi dan hierarkis selalu mengambil risiko untuk memperoleh kondisi tersebut, bukan hanya sekedar cara, namun tujuan yang sebenarnya: dalam hal ini, The Partai tidak mempunyai cakrawala lain selain kelangsungan eksistensinya sendiri dan akhirnya membangun kembali dominasi, meskipun dalam bentuk yang berbeda.

Jika dicermati lebih dekat, ketegangan antara organisasi dan misi yang seharusnya dipenuhi akan memungkinkan kita untuk menegaskan Partai revolusioner, dalam pandangan Gramsci, dapat dianggap sebagai sebuah kontradiksi pada kenyataannya. Yang terakhir ini hanya dapat dikelola dan diatur jika kepemimpinan Partai secara sadar membangun hubungan dialektis dengan basis, yang berarti para militan akar rumput yang secara resmi menjadi anggota Partai, sebagai basis sosial dari basis tersebut, yaitu, kelompok atau kelompok. kelas yang diwakilinya. Di buku catatan penjaradan dalam tulisan-tulisan politik tertentu sebelum masuk penjara, kita menemukan indikasi yang lebih konkrit tentang kondisi yang memungkinkan dialektika ini. Namun, kita perlu mengkaji batas-batas solusi terhadap permasalahan Partai ini: solusi ini tidak lengkap karena mengabaikan berbagai jaminan demokrasi internal dan bergantung pada asumsi-asumsi yang terancam anakronisme.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline