Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Socrates dan Murid-muridnya

Diperbarui: 21 September 2023   07:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Socrates memiliki tujuh murid yang patut disebutkan, meskipun sangat berbeda: Antisthenes, Aristippus, Euclid, Phaedo, Platon, Aeschines dan Xenophon. Empat yang pertama mendirikan sekolah, dan Antisthenes adalah penggagas sekolah Sinis. Untuk memahami orang-orang sinis, kita harus mulai dari gagasan Socrates tentang autarki, jalan yang menuju kebebasan (dan, karenanya, kebahagiaan) melalui swasembada: manusia tidak boleh menjadi budak dari harta miliknya. ; Dia tidak akan bertindak berdasarkan kebutuhan emosional dan fisiknya. Orang-orang sinis membenci kekuasaan, kekayaan, dan ketenaran, tujuan utama kehidupan orang-orang sezamannya. Cara berpikirnya tidak dapat dipisahkan dari cara hidupnya.

The easiest and noblest way is not to destroy, but to improve yourself  ("Jalan paling mudah, dan Mulya bukan menghancurkan orang lain, tapi meningkatkan prestasi dirimu sendiri"), Socrates.

Istilah sinis artinya hari ini: bahasa Lat. cynicus, dan ini dari bahasa Yunani), [a] menunjukkan sikap sinis  (tidak tahu malu), [b] Kurang ajar, kasar.

Dan dalam bahasa Yunani Sinis memimliki dua penjelasan yang diberikan untuk nama ini: Yang pertama berasal dari tempat Antisthenes biasa mengajar, yaitu gimnasium bernama Cynosarges, yang dapat diterjemahkan sebagai "anjing cepat". Asal usul kedua berkaitan dengan perilaku Antisthenes dan Diogenes , yang mirip dengan anjing. Nama ini disebabkan oleh cara hidup mereka yang sangat keras dan ketidakpedulian mereka terhadap semua konvensi sosial. Masyarakat dan kehidupan dalam kerangka masyarakat bersifat memaksa dan mengasingkan mereka, membatasi cita-cita kebebasan mereka. Orang yang sinis itu bebas karena dia tidak memiliki kebutuhan. Dia tidak bisa disuap, karena dia tidak peduli dengan harta benda atau gengsi. Orang-orang sinis menarik perhatian dan merasa tersinggung karena sikap mereka yang tidak tahu malu.

Mereka tidak menganggap diri mereka tunduk pada hukum atau wilayah apa pun, dan mereka menyatakan diri sebagai warga dunia. Dimana saja bisa menjadi rumah Anda. Kehidupan orang sinis harus hidup sesuai dengan alam, menjadikan hewan sebagai contoh swasembada, karena hewan memiliki sedikit kebutuhan dan cepat beradaptasi dengan lingkungan. Cita-cita hidup adalah ataraxia , yang menjauhkan mereka dari kesedihan dan segala kekhawatiran.

Ataraxia (dari bahasa Yunani "tidak adanya gangguan") disebut keadaan pikiran yang membuat subjek, dengan mengurangi intensitas nafsu dan ketabahannya dalam menghadapi kesulitan, mencapai kebahagiaan dan keseimbangan. Oleh karena itu, Ataraxia adalah ketenangan jiwa, akal dan perasaan. Siapa kaum sinis.  Antisthenes lahir di Athena pada pertengahan abad ke-5 SM, sebagai putra seorang warga negara dan seorang budak, jadi dia tidak menikmati kewarganegaraan Athena, yang tidak dia pedulikan. Dia adalah murid dari sofis terkenal Gorgias, yang seperti setiap sofis dibayar untuk mengajar, dari sini dapat disimpulkan bahwa Antisthenes menikmati posisi ekonomi yang baik pada saat itu. Tapi guru sejatinya adalah Socrates.

 

Antisthenes hadir pada saat kematian Socrates. Ketenangan tuan tua dalam menghadapi kematian mungkin telah menandai muridnya dan kemungkinan besar hal ini memengaruhi desakan Antisthenes di kemudian hari terhadap ataraxia.  Ia mendirikan sekolahnya sendiri (di gimnasium bernama Cinosarges). Dia menyederhanakan pakaiannya: jubah, tas dan tongkat sudah cukup, pakaian yang menjadi seragam orang yang sinis. Satu-satunya harta miliknya hanyalah yang bisa ia bawa.

Xenophon menggambarkannya kepada kita dalam Simposiumnya sebagai berikut: "Menurut saya, kekayaan bukanlah suatu barang materi yang dapat disimpan di rumah seolah-olah sebuah benda, melainkan suatu watak jiwa. Jika tidak, tidak akan dapat dijelaskan mengapa beberapa orang, meskipun memiliki banyak aset, terus hidup dalam risiko dan kelelahan dengan tujuan mengumpulkan lebih banyak uang. Kita  tidak dapat memahami perilaku para tiran tertentu yang begitu menginginkan kekuasaan dan kekayaan sehingga mereka melakukan kejahatan yang semakin mengerikan.

Sebaliknya saya, meskipun kelihatannya miskin, memiliki begitu banyak harta benda ini sehingga sulit bagi saya untuk menemukannya: Saya tidur, makan dan minum di mana pun saya mau, dan saya mendapat kesan bahwa seluruh dunia adalah miliknya. untuk saya. Untuk membuat makanan lebih diinginkan, saya merangsang nafsu makan saya sendiri: Saya tidak makan dan, setelah seharian berpuasa, makanan apa pun yang saya masukkan ke dalam mulut saya tampaknya memiliki kualitas terbaik. Ketika tubuhku membutuhkan cinta, aku bersatu dengan wanita jelek dan dia, karena tidak ada yang menginginkannya, menyambutku dengan penuh kegembiraan. Singkatnya kawan, yang penting jangan merasa butuh apa-apa."

Dia mempunyai budaya yang luas dan menulis banyak buku, yang mana hanya dua fragmen pendek yang masih bertahan ( Tentang Ajax dan Tentang Ulysses ). Diogenes dari Sinope adalah orang yang sinis dan cerdas, dengan penampilan yang ceroboh, kecerdasan yang tajam, dan kata-kata yang sarkastik. Ia dilahirkan di Sinope (Asia Kecil) antara tahun 413 dan 400 SM. Ayahnya adalah seorang bankir, dan Diogenes Laertius mengatakan bahwa suatu hari ia memutuskan untuk berkonsultasi dengan oracle dan menerima jawaban "membatalkan mata uang saat ini", sebuah jawaban yang penuh teka-teki. seperti semua ramalan. Dia bisa menafsirkannya dengan tiga cara: koin palsu, melanggar hukum, atau mendiskusikan nilai-nilai sosial yang sudah mapan. Diogenes melakukan ketiganya dan diusir dari Sinope. "Mereka mengutuk saya untuk pergi dan saya mengutuk mereka untuk tetap tinggal," adalah komentar ironisnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline