Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Pierre Bourdieu: Arena, Habitus, Kapital (5)

Diperbarui: 4 Agustus 2023   22:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pierre Bourdieu: Arena, Habitus, Kapital (5)/dokpri

Pierre Bourdieu,  Arena, Habitus,  Kapital (5)

Bagaimana habitus dapat diketahui. Lintasan agen dalam suatu bidang dapat ditangkap oleh pemilihan populasi itu sendiri. Semua agen terpilih dengan gelar akademik yang sama atau dengan jumlah kredit yang sama (sebagai contoh). Artinya, tidak boleh ada lintasan yang sangat berbeda di antara populasi. Meskipun dimungkinkan untuk menemukan di antara populasi, agen dengan volume dan jenis modal yang berbeda. Ini adalah masalah metodologis yang harus diselesaikan. Agen ditanya tentang persepsi, perasaan, ide, praktik yang digunakan, dll., tentang bentuk modal yang dipertaruhkan. Agen dengan bentuk dan volume modal yang serupa harus memiliki sifat yang serupa (ini hipotetis).

Penyesuaian habitus sebelumnya dengan kondisi objektif hanyalah kasus tertentu (tidak diragukan lagi yang paling sering terjadi), dan perhatian harus diberikan untuk secara tidak sadar menguniversalkan model hubungan yang hampir melingkar dari reproduksi yang hampir sempurna yang tidak pernah sepenuhnya diterapkan kecuali dalam kasus tersebut. ekstrim di mana kondisi produksi habitus dan kondisi operasinya identik atau homotetik.

 Apa itu agen. Agen adalah mereka yang dimungkinkan untuk berpartisipasi dalam permainan di bidang tertentu. Tetapi mereka berpartisipasi sejauh ada minat di dalamnya. Tanpa kondisi ini, partisipasi tidak mungkin dilakukan. Bagi Pierre Bourdieu "agen-agen sosial hanya mematuhi aturan sejauh kepentingan yang mereka miliki untuk mematuhinya melebihi kepentingan yang mereka miliki untuk tidak mematuhinya". Tetapi kepentingan yang memobilisasi agen untuk berpartisipasi adalah spesifik dan merupakan hasil dari berfungsinya bidang yang dibatasi secara historis. Dalam pengertian itu,

kepentingan adalah kesewenang-wenangan sejarah, sebuah konstruksi sejarah yang hanya dapat diketahui melalui analisis sejarah, ex post, melalui observasi empiris, dan yang dapat disimpulkan secara apriori dari konsepsi "Manusia" yang fiktif dan jelas etnosentris"

Kepentingan ini, yang disebut Bourdieu sebagai ilusi, tidak hanya lebih diutamakan daripada ketidaktertarikan, tetapi ketidakpedulian. Setiap bidang menghasilkan minat tertentu. Oleh karena itu, ada minat sebanyak bidang. Di bidang universitas, kepentingan umum berlaku dalam apropriasi modal budaya yang dihasilkan dan direproduksi. Kepentingan yang sama inilah yang memungkinkan adanya bidang ini, jika tidak maka akan terdilusi. Semua kepentingan dikondisikan pada posisi yang dipegang dalam bidang tertentu dan lintasan agen di dalamnya. Misalnya, sangat mungkin mahasiswa dengan posisi yang lebih baik dalam struktur universitas lebih terikat pada struktur arena . Artinya, mereka lebih menginternalisasi arena dan aturan-aturannya.

Keunikan kedua dari agen, yang dikondisikan oleh yang pertama, adalah investasinya di arena . Seorang agen, yang tertarik untuk berpartisipasi dalam permainan suatu arena, menginvestasikan waktu dan modal di dalamnya. Detik ini dipahami sebagai

kecenderungan untuk bertindak yang muncul dari hubungan antara bidang dan sistem disposisi yang disesuaikan dengan bidang tersebut, makna permainan dan taruhannya, yang menyiratkan, pada saat yang sama, kecenderungan dan bakat untuk berpartisipasi dalam permainan, dibentuk secara sosial dan historis dan tidak diberikan secara universal

Mengingat hubungan yang tumpang tindih antara habitus dan field, agen biasanya dipahami sebagai robot. Namun, tidak. tidak bertindak dengan bebas, tidak dengan perhitungan rasional. Dia di atas segalanya adalah pembangun realitas sosial, tetapi dikondisikan olehnya, oleh posisi yang dia tempati dan kariernya. Seperti yang ditunjukkan oleh Bourdieu (dan Wacquant 1995), dalam klarifikasi teoretisnya, "tindakan manusia bukanlah reaksi seketika terhadap rangsangan dan "reaksi" yang paling tidak signifikan dari satu orang ke orang lain mengandung seluruh sejarah keduanya, serta dengan hubungan mereka".

Bagaimana agen mengekspresikan diri mereka di dunia nyata. Itu diungkapkan melalui dampak yang ditimbulkannya dalam bidang tertentu. Ini adalah kekuatan untuk memodifikasi atau mempertahankan aturan permainan. Ini termasuk kemungkinan untuk mengalokasikan modal yang tersedia. Seorang mahasiswa mengekspresikan dirinya dalam perjuangannya untuk menyesuaikan atau memonopoli modal yang dipertaruhkan di bidang universitas. Pada akhir setiap semester ada indeks akademik yang sebagian besar mencerminkan perjuangan di antara para siswa untuk mendapatkan modal budaya dan teknologi. Dampak yang ditimbulkan oleh agen ini bukanlah hasil dari perhitungan yang dirasionalkan atau produk dari ketidaksadaran, melainkan kesadaran parsial dan terputus-putus yang menyertai praktik mereka di arena. Bagaimana agen-agen medan saling mengenal. Melalui rekaman, dalam hal lembaga formal, dan dalam ruang informal melalui observasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline