Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Rerangka Pemikiran Simbolik Ernst Cassirer (6)

Diperbarui: 18 Juli 2023   16:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri/Pemikiran Simbolik Ernst Cassirer (6)

Rerangka Pemikiran Simbolik Ernst Cassirer (6)

Penelitian Bahasa dan Otak:Mungkin sulit untuk berbicara secara memadai tentang otak atau jaringan syaraf tiruan atau menggunakan terminologi yang memadai. Dalam hal ini, para kritikus mengutip, misalnya, mekanisasi sekaligus personifikasi otak dan fungsinya. Kekeliruan semantik dan subjektivisasi yang tidak dapat diterima ada di mana-mana dalam literatur, yang mengarah dari penyalahgunaan istilah pembelajaran hingga ekspresi seperti, 'Otak melakukan ini atau itu, mengejar strategi ini atau itu' dan seterusnya; tercakup adalah istilah-istilah seperti koneksi, transfer data atau kekuatan pemrosesan. 

Metafora komputer atau mesin masih ada. Terkadang otak atau salah satu fungsinya pada saat yang sama disubjektivisasi dan direkayasa. dalam pendekatan adalah pembicaraan tentang gambar atau peta di otak. Tentu saja, jelas tidak ada yang satu atau yang lain di otak. Penggunaan istilah seperti gambar, seperti representasi apa pun, menyiratkan prinsip homunculus sebagai penjelasan kesadaran. Seseorang harus melihat foto-foto ini, demikian argumennya. Penting bagaimana dan dengan istilah apa objek tertentu dijelaskan, atau lebih umum, bagaimana objek tersebut dibicarakan. Kombinasi bahasa, pemikiran dan tindakan ini, motif filosofi bahasa Cassirer, dapat memberikan relevansi etis pada ekspresi linguistik.

Perwakilan dari Teori Metafora Konseptual berasumsi metafora memiliki fungsi mendasar untuk artikulasi objek abstrak. Di sinilah letak keuntungan dari metafora semacam itu, yang tidak terlalu menyesatkan para pendukungnya. Selain itu, penggunaan metafora yang kaya dapat didiagnosis terutama pada tahap awal debat ilmiah ketahanannya kemudian terlihat di jalur selanjutnya. Penggunaan metafora dalam penjelasan neuroscientific subjek tampaknya tidak dapat dihindari untuk saat ini. Ternyata sulit untuk berbicara secara tepat tentang aspek-aspek tertentu dari masing-masing konsep dan gagasan tanpa menggunakan metafora tertentu.

Pertama, pentingnya bahasa dan masalah terkait ketidakakuratan linguistik dapat dicatat ketika berbicara tentang otak. Ketidakakuratan ini kemudian menjadi penting ketika, misalnya, ada psikologi atau subjektivisasi otak dan dikaitkan dengan keterampilan seperti belajar, berpikir, merencanakan atau sejenisnya.

Hanya dengan begitu, jika seseorang menganggap kemampuan seperti itu berasal dari suatu organ, seseorang dapat mencari dasar saraf dari sifat-sifat ini. Keadaan otak dan pentingnya perdebatan tentang subjek dapat ditelusuri kembali ke kekeliruan tersebut. Pidato memengaruhi pemikiran, dan ucapan yang salah atau tidak memadai tentang otak dapat memengaruhi cara orang berpikir tentang diri mereka sendiri, otak mereka, dan hubungan antara kedua contoh tersebut. Gagasan semacam itu dapat memengaruhi para ilmuwan. Batasan harus dicatat di sini, bagaimanapun, masalah linguistik tercermin secara menyeluruh dalam perdebatan. Selain itu, metafora penelitian otak dapat dilihat sebagai cara untuk berbicara secara produktif tentang masalah abstrak. Dalam konteks ini, penelitian otak dalam artikel ini tidak dikaitkan dengan kebingungan konseptual, tetapi kemiskinan konseptual.

Perkembangan fungsional mitos dan bahasa bagi Cassirer merupakan prasyarat simbolisasi ilmiah. Mitos dianggap sebagai kondisi silsilah untuk objektifikasi ilmiah atau simbolisasi realitas. Bahasa bentuk simbol harus dikembangkan sedemikian rupa sehingga menyadari fungsi makna dari simbol - hanya fungsi ini yang membuatnya menjadi bahasa ilmiah tingkat tinggi yang abstrak. Sains adalah satu-satunya sistem tatanan yang tepat bagi Cassirer. Adalah sah untuk bertanya sejauh mana gagasan realisasi tujuan yang substansial sesuai dengan klaim Cassirer untuk menyajikan landasan yang terbebas dari asumsi metafisik apa pun.

Baginya, bentuk simbol ilmu merupakan kesimpulan dari perkembangan fungsional bentuk-bentuk simbolik. Ini secara fungsional ditentukan untuk menjadi sama dengan upaya untuk mengobyektifkan dunia. Kesatuan semua bentuk terlihat jelas dalam maknanya. Mereka adalah modus objektifikasi atau simbolisasi dunia. Perbedaan bentuk adalah tingkat simbolisasi fungsionalnya yang berbeda. Keadaan ini disajikan. telah disebutkan tahap-tahap perkembangan ini tidak melepaskan diri sedemikian rupa sehingga setiap simbolisasi pada tingkat fungsi ekspresi akan hilang begitu fungsi makna tercapai. Bahkan zaman ilmiah memiliki implikasi dari mitos. Tingkat fungsi tidak larut, mereka ada berdampingan.

Bagi Cassirer, kognisi manusia saling mempengaruhi dari beberapa bentuk yang dikembangkan secara simbolis, berbeda secara fungsional. telah disebutkan tahap-tahap perkembangan ini tidak melepaskan diri sedemikian rupa sehingga setiap simbolisasi pada tingkat fungsi ekspresi akan hilang begitu fungsi makna tercapai. Bahkan zaman ilmiah memiliki implikasi dari mitos. Tingkat fungsi tidak larut, mereka ada berdampingan. Bagi Cassirer, kognisi manusia saling mempengaruhi dari beberapa bentuk yang dikembangkan secara simbolis, berbeda secara fungsional.

Penataan silsilah dari bentuk-bentuk simbolik tampaknya dimotivasi secara didaktis oleh Cassirer. Namun demikian, sulit untuk menyebut bentuk ilmu simbolik sebagai penyelesaian suatu perkembangan. Untuk satu hal, bidang sains itu sendiri tampaknya hampir tidak dapat dikunci. Di sisi lain, tindakan simbolisasi manusia terjadi dalam beberapa atau bahkan semua bentuk dan karena itu tidak dapat dikunci. Namun demikian, kemunculan sains modern memiliki efek mendasar pada budaya manusia dan berkontribusi pada pembebasan pemikiran, yang pertama memungkinkan diferensiasi pemahaman modern tentang dunia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline