Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu Hermeneutika (41)

Diperbarui: 13 Juli 2023   06:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa Itu Hermeneutika (41)/dokpri

 Ernst Alfred Cassirer mengusulkan untuk memahami mitos sebagai gerakan mental yang dihasilkan oleh kebutuhan. Artinya, mitos adalah ciptaan yang diperlukan dan, melihat kebutuhan mereka, cara mereka nyata dibuat eksplisit. Memahami mitos tidak hanya tentang menganalisis isinya. 

Maknanya   harus ditemukan untuk kesadaran manusia dan kekuatan yang mereka gunakan untuk itu (Cassirer): ini menentukan kebutuhannya. Realitas mereka diperlihatkan sejauh mereka mengonfigurasi dan memengaruhi kesadaran manusia. Mereka memiliki efek yang nyata dan nyata. Dengan demikian, proposalnya adalah untuk menganalisis bagaimana mitos Hermes memungkinkan kita untuk memahami komunikasi manusia dan kecerdikan yang dibutuhkannya.

Kata hermeneutika berasal dari Hermes, yang dikenal sebagai Merkurius dalam mitologi Romawi, dewa pembawa pesanatau semacam duta antara manusia dengn para dewa. Ada orang yang percaya   Hermes berasal dari herma, yang berarti "tumpukan batu", mengacu pada monumen yang dibangun pada peradaban kuno untuk membatasi wilayah. Monumen-monumen ini menandai pintu masuk ke suatu wilayah dengan menempatkan sebuah batu di herma. Ia   menyebutkan   cara lain untuk membuat batas wilayah adalah mengukir potongan kayu berbentuk lingga dan meletakkannya di atas herma. 

Tahap kakak yang paling dewasaitu dengan Raja Hipparchus, ketika mereka mengukir pilar batu persegi panjang dengan patung dan meletakkan penis yang ereksi di atasnya. Saat ini mereka hanya disebut hermes dan hampir setiap lingkungan Yunani memilikinya. Penulis menegaskan   fakta   monumen-monumen ini telah memunculkan penciptaan dewa seperti Hermes adalah hal yang aneh dan menarik.

Hermes, dewa Yunani, putra Zeus dan Pleiad Maia; sering diidentikkan dengan Merkurius Romawi dan dengan Casmilus atau Cadmilus, salah satu dari Cabeiri . Namanya mungkin berasal dari herma ( kata herm ), kata Yunani untuk tumpukan batu, seperti yang digunakan di negara itu untuk menunjukkan batas atau tengara. Pusat pemujaannya yang paling awal mungkin adalah Arcadia, di mana Mt. Cyllene terkenal sebagai tempat kelahirannya. Di sana ia secara khusus dipuja sebagai dewa kesuburan, dan gambar-gambarnya ithyphallic.

Baik dalam literatur maupun kultus Hermes selalu dikaitkan dengan perlindungan ternak dan domba, dan dia sering berhubungan erat dengan dewa tumbuh-tumbuhan, terutama Pan dan bidadari . Namun, dalam Odyssey , Hermes muncul terutama sebagai utusan para dewa dan konduktor orang mati ke Hades. Hermes  merupakan dewa mimpi, dan orang Yunani mempersembahkan kepadanya persembahan terakhir sebelum tidur. Sebagai pembawa pesan, Hermes mungkin  menjadi dewa jalan dan pintu, dan dia adalah pelindung para pelancong. 

Harta karun yang ditemukan dengan santai adalah hadiahnya, dan keberuntungan apa pun dikaitkan dengannya; konsepsi inidan fungsinya sebagai dewa keuntungan, jujur atau tidak jujur, adalah turunan alami dari karakternya sebagai dewa kesuburan. Dalam banyak hal Hermes adalah mitra Apollo, Hermes adalah pelindung musik dan dikreditkan dengan penemuan kithara dan terkadang musik itu sendiri. Dia  dewa kefasihan dan memimpin beberapa jenis ramalan populer.

Angka keramat Hermes adalah empat, dan hari keempat bulan itu adalah hari ulang tahunnya. Dalam seni kuno, selain dari gaya pertapa, dia digambarkan sebagai pria dewasa dan berjanggut, mengenakan tunik panjang dan sering kali memakai topi dan sepatu bot bersayap.

Kadang-kadang dia diwakili dalam karakter pastoralnya, memikul seekor domba di pundaknya; di lain waktu dia muncul sebagai pembawa pesan para dewa dengan krykeion , atau staf pemberita, yang merupakan atributnya yang paling sering. Dari akhir abad ke-5 SM Hermes digambarkan sebagai pemuda telanjang dan berjanggut, seorang atlet muda.

Perlu diingat   Hermes adalah bagian dari arketipe penipu , seperti Loki dalam mitologi Norse, Elegua dalam mitologi Yoruba, dan Anansi dalam mitologi Nigeria. Dimensi utusannya direplikasi di jajaran lain, seperti Mesir, dengan Iris, dewi yang bertugas membawa jiwa ke dunia bawah. Hermes adalah protagonis dari banyak mitos dan manifestasinya harus dipahami sebagai keseluruhan yang diartikulasikan. Selain menempatkan Hermes sebagai dewa hermeneutika, pemikiran mitologis memungkinkan kita untuk memahami serangkaian kebutuhan manusia yang terkait dengan gagasan komunikasi, pengiriman pesan, permainan, dan batasan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline