Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu Hermeneutika (11)

Diperbarui: 7 Juli 2023   06:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Hans-Georg Gadamer meninggal di Heidelberg pada 13 Maret 2002, beberapa minggu setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-102. Hans-Georg Gadamer adalah salah satu tokoh filsafat abad ke-20 yang menentukan. Sudah lama dianggap klasik, tidak hanya di Jerman tetapi  di dunia Roman dan Anglo-Saxon. Saat ini, pemikiran Gadamer merangsang para filsuf dan sarjana humaniora di semua negara beradab di dunia, memengaruhi para pemikir dengan orientasi yang sangat berbeda dari Derrida hingga Habermas dan diterima di hampir semua humaniora, terutama secara intensif dalam studi sastra.

Lahir di Marburg pada tahun 1900, Gadamer mempelajari filsafat dan filologi klasik pada tahun-tahun yang penuh gejolak dan menggairahkan secara intelektual setelah Perang Dunia Pertama. Semangat tahun-tahun setelah kemunduran aliran filsafat neo-Kantian ditentukan oleh fenomenologi Husserl dan Scheler yang bangkit dengan kuat dan oleh filosofi kehidupan yang berasal dari Dilthey dan Bergson, ditambah pengaruh Kierkegaard, arus yang  mempengaruhi Gadamer. Namun pertemuan dengan Martin Heidegger sangat menentukan. Dalam kasus Gadamer, jejak ini digabungkan dengan keterlibatan seumur hidup dengan filosofi kuno. Tesis doktoral Gadamer dan tesis habilitasinya dikhususkan untuk Platon, dan buku terakhirnya masih membahas permulaan filsafat di kalangan pra-Sokrates. Karya utama inovatif Gadamer, "Truth and Method", pertama kali diterbitkan pada tahun 1960,  tumbuh dari hidup dengan pemikiran kuno, dari pengalaman bahwa teks-teks lama berbicara kepada kita jika kita terlibat dengannya.

Setelah habilitasinya, Gadamer pertama kali bekerja sebagai dosen di Marburg, pada tahun 1939 menjadi profesor di Leipzig, di mana ia mengambil alih jabatan rektor pada tahun 1946 dalam kondisi yang paling sulit. Upaya Gadamer untuk menciptakan ruang bebas bagi sains di bawah penguasa komunis baru setelah perampasan ideologisnya oleh Nazi pasti akan gagal. Pada tahun 1947 dia pergi ke Frankfurt sebagai profesor, dua tahun kemudian ke Heidelberg sebagai penerus Karl Jaspers, di mana dia bekerja selama lebih dari setengah abad, jauh melampaui masa pensiunnya (1968).

Pertanyaan Heidegger tentang keberadaan, analisisnya tentang keberadaan sebagai pemahaman tentang diri sendiri, menjadi penentu filosofi Gadamer. Keakraban Gadamer dengan orang-orang Yunani, bagaimanapun, memungkinkannya untuk menjaga jarak kritis dari interpretasi Heidegger tentang awal mula filsafat Yunani dan dari diagnosis suram nasib budaya Eropa yang didasarkan padanya sebagai kisah takdir.

Pemikiran Heidegger digerakkan oleh pertanyaan tentang apa pengalaman asli kebenaran yang diartikulasikan oleh para pemikir dan penyair Yunani awal, dan apa signifikansi pemikiran Yunani yang menyebabkan munculnya metafisika di Platon  dan Aristoteles untuk sejarah Eropa. . Gadamer berbagi dengan Heidegger wawasan tentang kekuatan penentu permulaan, yang darinya mengikuti aktualitas filosofi Yunani yang bertahan lama, yang bukan sekadar fenomena sejarah, hanya fenomena masa lalu.

Benar bahwa zaman kuno adalah subjek penelitian sejarah seperti periode sejarah lainnya. Tetapi pada saat yang sama itu lebih dari itu: itu adalah akar penetapan standar budaya Eropa, yang menjadi sumber vitalitasnya, sebagaimana dibuktikan oleh renaisans yang tak terhitung jumlahnya sejak akhir zaman kuno, serta daya tarik luar biasa yang diberikan oleh pemikiran kuno pada filsafat kontemporer.

Pendekatan Gadamer terhadap orang Yunani berbeda dari pendekatan Heidegger tidak hanya karena Gadamer menguasai keahlian metode filologis dengan penguasaan sejati. Di atas segalanya, dia membebaskan dirinya dari fiksasi Heidegger pada pra-Socrates. Ini memperluas pandangan tentang kekayaan filsafat kuno dalam segala keluasannya. Di atas segalanya, dia membebaskan dirinya dari fiksasi Heidegger pada pra-Socrates. Ini memperluas pandangan tentang kekayaan filsafat kuno dalam segala keluasannya. Di atas segalanya, dia membebaskan dirinya dari fiksasi Heidegger pada pra-Socrates. Ini memperluas pandangan tentang kekayaan filsafat kuno dalam segala keluasannya.

Gadamer menghancurkan mitos yang diciptakan oleh Reformasi, yang menurutnya kebenaran yang terungkap hanya dapat ditemukan dalam keaslian permulaan yang pertama, sementara segala sesuatu yang mengikutinya diukur dengannya sebagai pembusukan dan distorsi.

Sebagaimana diketahui, para reformator menggunakan model ini untuk menafsirkan hubungan antara permulaan Kekristenan, yang terlihat dalam Perjanjian Baru, dan tradisi gerejawi Katolik; dan model yang persis sama  menentukan interpretasi Heidegger tentang Yunani. Gadamer, sebaliknya, menunjukkan bahwa kita hanya dapat memahami permulaan karena kita terhubung dengannya dalam konteks tradisi yang hidup; tradisi yang memisahkan kita dari awal  mengikat kita padanya. Wawasan tentang kesuburan konteks tradisional ini, di mana kita sebagai makhluk sejarah selalu menjadi motif utama pemikiran Gadamer.

Itulah sebabnya baik awal maupun tradisi tidak pernah hanya lewat, tetapi keduanya tetap hadir, karena kita hanya mampu memahami diri kita sendiri dan mengorientasikan diri kita di dunia berdasarkan jalur yang dipetakan di dalamnya. Sebagai makhluk sejarah, kita tidak akan pernah bisa memulai dari awal lagi. Itulah mengapa zaman kuno Yunani, sebagai awal dari budaya Eropa dan titik awal dari tradisi terpenting yang menentukan kita, memiliki arti penting bagi kita yang tidak dapat ditandingi oleh zaman selanjutnya. karena kita hanya mampu memahami diri kita sendiri dan mengorientasikan diri kita di dunia berdasarkan jalur yang dipetakan di dalamnya. Sebagai makhluk sejarah, kita tidak akan pernah bisa memulai dari awal lagi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline