Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

TERVERIFIKASI

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Anthony Giddens: Modernitas, dan Postmodernitas

Diperbarui: 2 Juli 2023   19:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anthony Giddens Modernitas Dan Postmodernitas/dokpri

 Ada dua cara dasar untuk mendefinisikan postmodernitas: sebagai penyangkalan atau sebagai pemulihan nilai-nilai modernitas, sebagai titik akhir atau titik balik, sebagai pemutusan atau perpanjangan, sebagai proses terpisah atau sebagai proses internal. konsekuensi dari modernitas. Kedua pendekatan tersebut, terlepas dari perbedaannya, memiliki kesamaan pada fakta   mereka mengandalkan serangkaian postulat yang dimiliki oleh seluruh "reaksi postmodern", di antaranya menonjol sebagai berikut: kritik terhadap nalar modern, terutama bentuk-bentuk dogmatisnya dan eksaserbasi total dan standarnya. 

Penolakan wacana logosentris, kapasitas paradigma besar, ideologi atau meta-naratif untuk menjelaskan sejarah. Mempertanyakan gagasan kemajuan dan kemungkinan garda depan yang tercerahkan. Fragmentasi masyarakat ideologis, standardisasi, dirigiste dan teknokratis melalui proses personalisasi di mana ekspresi individu, kebebasan memilih dan diferensiasi mendominasi. 

Klaim subjek sebagai agen swasta yang ditegaskan melalui ekspresi preferensi mereka dan perwujudan pilihan mereka. Prioritas ruang privat di atas ruang publik. Mencari keseimbangan yang lebih baik antara ide dan pengalaman, antara alasan dan praktik. Revaluasi filosofi praktis pada umumnya dan hermeneutika ("seni interpretasi") pada khususnya. Keutamaan kualitatif di atas aspirasi untuk memiliki "lebih banyak hal yang sama", legitimasi perbedaan dan peninggian personal, spesifik atau lokal.

Budaya postmodern "menolak teks, program, dan kode yang konklusif dan mencakup segalanya: ia mewakili krisis naratif dan pembebasan subjek. Ini heterogen, multiarah, dan polisentris. Karena bersifat personalis, ia juga kontradiktif: keduanya avant -garde dan nostalgia, acuh tak acuh dan selektif, tidak puas dan puas, mendukung dan anarkis, ekologis dan konsumeris, materialistis dan psikologis, canggih dan spontan, menggoda dan bijaksana, menyukai budaya   pertunjukan yang bagus.

Berdasarkan sikap ini, ditambah dengan penolakan totalnya terhadap paradigma klasik, model Negara sebagai aktor rasional dan "pencerahan" modernitas rasionalis,   seperti Lyotard dan Vattimo, mereka melihat postmodernitas sebagai pemutusan dengan modernitas.

Pendekatan post-strukturalis terhadap pengetahuan tentang realitas didasarkan pada dekonstruksi dan hermeneutika. Dekonstruksi mengandaikan   perspektif kita tentang realitas bergantung pada citra benda-benda sebelumnya dan prasangka, dipilih melalui proses ideologis pemindahan atau subordinasi citra lain yang dapat berfungsi untuk membangun visi alternatif. 

Dalam pengertian ini, proses dekonstruksi berusaha untuk mengungkapkan bagaimana gambar-gambar ini dipilih, yang setara dengan menghilangkan ideologinya, mengurangi validitas cerita-cerita besar dan menilai elemen-elemen yang terpisah-pisah, sementara dan kontingen dari mana struktur sosial benar-benar dibuat.

 Untuk bagiannya, hermeneutika ("seni interpretasi") memfokuskan perhatiannya pada yang baru, tunggal, fragmentaris dan fana sebagai ekspresi yang universal dan permanen, dalam intuisi makna keseluruhan melalui makna bagian-bagiannya, mencoba menjadi alternatif yang valid untuk mengakses pengetahuan tentang hal-hal, ide, nilai, institusi, dan tindakan yang menentukan dunia dan masyarakat kontemporer. 

Menurut   krisis dari cerita-cerita besar mengharuskan untuk membenarkan makna ruang yang dianggap marjinal dari sudut pandang konvensional dan yang mencerminkan fragmentasi yang berkembang dari realitas internasional, termasuk "agenda dan aktor yang jauh lebih berbeda daripada yang mendominasi di dunia." masa lalu, serta visi yang lebih luas, lebih pluralistik dan eklektik dari semesta praktik melalui mana kehidupan internasional berkembang,

Dengan demikian, epistemologi postmodern, mengistimewakan yang partikular, spesifik, fana, kebetulan atau apa yang menjadi karakteristik dari agen-agen di atas sistem secara keseluruhan, menyoroti historisitas hubungan internasional, pluralitas situasi yang mereka hadirkan, ketundukannya untuk berubah. dan relevansi isu-isu yang muncul, dan menekankan keragaman aktor, masalah dan elemen yang campur tangan di kancah internasional, akan memungkinkan penerangan realitas internasional yang lebih baik dan lebih fleksibel daripada model global, sistemik dan konklusif yang diadopsi oleh pendekatan berdasarkan kedaulatan agen rasional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline